SOLOPOS.COM - Peserta Pawai Takbir Keliling memainkan bedug saat mengikuti takbir keliling di Masjid Jenderal Sudirman, Caturtunggal, Depok, Sleman, Selasa (5/7/2016) malam. (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2016, takbir keliling diikuti ratusan santri.

Harianjogja.com, SLEMAN – Ratusan santri taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan remaja masjid dari berbagai masjid di Sleman mengikuti takbir keliling pada, Selasa (5/7/2016) malam. Salahsatunya di Masjid Jenderal Sudirman Jalan Rajawali Komplek Kolombo, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Harian Jogja, para peserta takbir keliling dari Masjid Jenderal Sudirman lebih dari 100 orang dengan menggunakan sejumlah pernak pernik menarik mulai dari lampion hingga sejumlah andong yang dihiasi untuk mengangkut para peserta. Selain itu, kelompok ini juga membawa dua truk yang mengangkut alat musik drum dan juga bedug kemudian peserta yang memainkan langsung.

Adapun rute yang ditempuh mulai dari jalan Rajawali Komplek Kolombo menuju ke Jalan Gejayan ke selatan hingga Simpang Empat Demangan memasuki area kota jogja. Dari simpang empat itu peserta berpawai ke arah barat hingga Simpang Empat Tugu Kota Jogja berbelok ke kanan menuju Jalan AM Sangaji. Setibanya di simpang empat Jetis berbelok ke kanan menuju ke arah bundarab UGM, dari bunderan pawai dilanjutkan ke arah timur menuju Jalan Kolombo dan kembali ke Jalan Gejayan lalu kembali ke start awal.

Selain masjid jenderal sudirman, pawai takbir keliling jg dilaksanakan oleh santri TPA dan remaja masjid Al fitroh Janti Caturtunggal, Depok dengan rute melewai simpang tiga Janti menuju ke barat Jalan Adisucipto serta melewati jalan Sengon dan kembali ke start awal.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Sleman AKP Haryanto, menyatakan pihaknya melakukan pengamanan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. “Sejauh ini arus lalu lintas masih bisa diatasi petugas di lapangan,” terangnya, Selasa (5/7) malam.

Ia menambahkan, di Sleman memang tidak ada perlombaan takbir keliling skala besar tetapi hanya dilaksanakan setiap masjid saja. Akantetapi perlombaan takbir keliling juga diselenggarakan Takmir Masjid Agung Sleman dengan rute melewati Dengung dan Jalan Magelang. Selain itu kompetisi serupa juga digelar di Lapangan Pendowoharjo, Sleman.

“Secara umum pelaksanaan berjalan tertib,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya