SOLOPOS.COM - Operasi penertiban di Terminal Wates, Kulonprogo, Senin (20/7/2015). (Harian Jogja/Rima Sekarani)

Lebaran 2016, arus mudik dan balik dipersiapkan matang untuk kenyamanan bersama.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kulonprogo menambah menambah regu penjaga di Terminal Wates selama puncak arus mudik dan balik Lebaran 2016. Setidaknya empat regu disiagakan untuk memantau kepadatan aktivitas di terminal utama tersebut selama tiga pembagian waktu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seorang petugas jaga Dishubkominfo di Terminal Wates, Daryana mengatakan sebelumnya hanya tersedia satu regu yang terdiri dari tiga personel. Selain itu, penjagaan biasanya hanya dilakukan siang hari.

“Selama padat arus balik dan arus mudik dijadikan empat regu dan 24 jam,”ujarnya ditemui di Terminal Wates, Kamis (7/7/2016).

Ia mengakui kepadatan tertinggi di Terminal Wates baru akan terjadi pada masa arus balik nanti. Diperkirakan kepadatan akan meningkat hingga 30% dengan lebih dari 100 bus yang keluar masuk terminal selama masa sibuk ini.

Sebagian besar bus bertujuan ke Jakarta dan sejumlah daerah di barat Jawa. Memasuki arus mudik Lebaran, ia mengakui kapasitas daya tampung Terminal Wates cenderung kurang. Namun di hari biasa terminal cenderung lengang.

Sebagian bus kini lebih memilih jalur alternatif Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS) dibandingkan jalan nasional. Sebab jalur ini lebih sedikit memiliki lampu lalu lintas dan kondisi jalan lebih baik sehingga waktu tempuh lebih cepat. Daryana juga mengatakan banyak kendaraan umum yang memasuki kawasan Kulonprogo tanpa melalui terminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya