SOLOPOS.COM - Usai melangsungkan salat Idul Fitri, sebagian warga foto di depan tulisan Gumuk Pasir. (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2016, Gumuk Pasir Bantul menjadi lokasi selfie jemaah.

Harianjogja.com, BANTUL — Usai melaksanakan salat Idul Fitri di Gumuk Pasir Parangkusumo, sebagian besar jemaah menyempatkan berfoto atau selfie di lokasi yang menjadi salah satu tempat rekaman film Ada Apa Dengan Cinta (AADC 2).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seorang jamaah warga Mancingan Ani Ardia, mengatakan meski setiap tahun salat id di lokasi tersebut, tulisan “Gumuk Pasir” menciptakan suasana yang berbeda.

“Untuk seru-seruan aja, sebelum pulang tadi menyempatkan untuk selfie sama adik dan ibu,” katanya, Rabu (6/7/2016).

Lain cerita dengan jemaah lain asal kota Kediri Kusuma Ardi Hamboro. Dia menyampaikan mudik bersama keluarga ke rumah mertua di Pundong, Bantul. Semula dia hanya ingin melaksanakan salat id di Gumuk Pasir dan tidak mau mengabadikan denghan berfoto.

“Unik, baru pertama salat di sini, terus jadi foto-foto dulu,”ujarnya.

Jemaah Tertib Bersihkan Sampah

Berbeda dengan tahun lalu, tumpukan sampah berupa koran bekas yang dipergunakan jemaah sebagai alas salat sedikit ditemukan. Sebab panitia terus mengimbau menjaga kebersihan lokasi menggunakan pengeras suara.

Seorang panitia, Jamil Nur mengatakan imbauan ini dilakukan karena tahun lalulokasi gumuk pasir dipenuhi koran bekas alas salat.

“Selain menggunakan pengeras suara juga kami mengimbau agar jemaah membawa tikar atau karpet, jadi akan mengurangi sampah kertas koran,” tegasnya.

Imbauan tersebut tampaknya langsung dipatuhi jemaah, karena usai salat tidak banyak lagi sampah koran tampak menggunung di area gumuk pasir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya