SOLOPOS.COM - Kendaraan pemudik antre menuju gerbang exit tol Pejagan-Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/7/2016). Puncak arus mudik pada H-4 Lebaran volume kendaraan yang melintas tol meningkat dibandingkan H-5 dan mengakibatkan kemacetan panjang di pintu keluar tol tersebut. (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Lebaran 2016 diwarnai kemacetan parah di Brexit. Akibatnya, para sopir tidur di trotoar dan waktu tempuh Jakarta-Wonogiri mencapai 48 jam.

Solopos,com, WONOGIRI — Setelah menempuh perjalanan Jakarta-Wonogiri selama dua hari dua malam, para peserta mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya tiba di Wonogiri, Senin (4/7/2016). Mereka terjebak macet selama di perjalanan, khususnya di exit tol Brebes (Brexit) yang sempat tak bergerak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu peserta mudik gratis tersebut adalah Budi, warga Tungkluk, Jatipurno. Dia mengatakan perjalanan ke kampung halamannya kali ini ditempuh dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.

“Di Brebes macet total, sama sekali tidak bisa jalan. Sopir-sopir saja sampai tidur di trotoar. Di Tegal dan Kendal juga macet,” kata dia sambil sibuk memasang kaca spion sepeda motornya, saat ditemui wartawan di halaman belakang Kantor Dishubkominfo Wonogiri, Senin.

Namun begitu dia mengaku senang dengan program mudik gratis tesebut. Selain lebih nyaman, juga aman, dari pada mudik dengan sepeda motor. Dengan mudik gratis, pemudik tetap bisa berkeliling kampung halaman dengan sepeda motornya, sebab pemudik juga diijinkan membawa sepeda motor yang diangkut dengan truk.

Hal yang sama juga disampaikan pemudik lain, Sri Hastuti, warga Gumiwang, Wuryantoro. Dia mengaku lelah karena terlalu lama di perjalanan. “Sabtu siang berangkat, Senin siang baru sampai Wonogiri, luar biasa,” kata dia.

Meski demikian, para peserta mudik gratis lega karena sudah sampai di daerahnya dengan selamat. Satu per satu mereka mulai meninggalkan Kantor Dishubkominfo, untuk segera bertemu keluarganya di rumah. Sekitar pukul 11.00 WIB, semua pemudik sudah meninggalkan Kantor Dishubkominfo.

Setelah tiba di Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Senin pukul 09.30 WIB, para peserta mudik gratis langsung turun dari bus dan segera mengemasi barang bawaannya. Selain itu juga mengurus registrasi untuk mengambil sepeda motornya yang sudah tiba di Wonogiri sejak Sabtu lalu.

Menurut Kepala Dishubkominfo, Ismiyanto, ada sekitar 1.344 orang peserta mudik gratis dari Kemenhub yang tiba di Wonogiri. Mereka diangkut dengan 32 armada bus. Selain itu ada 555 sepeda motor pemudik yang diangkut dengan 16 truk.

“Sebenarnya untuk kuotanya ada 1.600 orang dan 37 armada bus,” kata dia. Sementara untuk arus balik, peserta mudik gratis akan diberangkatkan melalui Solo, Yogyakarta dan Semarang pada 17 Juli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya