Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

LEBARAN 2016 : BPBD Jogja Ingatkan Warga untuk Waspadai Kebakaran

SHARE
LEBARAN 2016 : BPBD Jogja Ingatkan Warga untuk Waspadai Kebakaran
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (Backgroundpictures.org)

Pemilik rumah atau gedung perlu melakukan pengecekan terhadap instalasi listrik.

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jogja mengingatkan warga untuk tetap mewaspadai potensi kebakaran di lingkungan tempat tinggal mereka selama bulan puasa hingga lebaran.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Selama bulan puasa ini saja, sudah ada tiga kejadian kebakaran yang kami tangani. Potensi itu tetap ada sehingga seluruh warga diminta tetap waspada,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Agus Winarto seperti dikutip Antara, Jumat (1/7/2016).

Kejadian kebakaran terakhir yang ditangani BPBD Yogyakarta adalah kebakaran akibat kebocoran gas elpiji di Rumah Makan Padang yang berada di Jalan Kusumanegara, perbatasan antara Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Bantul pada Jumat (1/7/2016).

Sedangkan dua kejadian kebakaran lainnya menimpa toko komputer yang berada di pusat perbelanjaan elektronik Jogjatronik Mall, dan kejadian kebakaran di sebuah rumah.

Agus mengatakan, guna mengantisipasi meningkatnya potensi kebakaran saat libur lebaran, pemilik rumah atau gedung perlu melakukan pengecekan terhadap instalasi listrik termasuk gas di rumah atau gedung yang akan ditinggalkan.

“Pastikan alat-alat elektronik yang tidak diperlukan tidak dihubungkan dengan aliran listrik terlebih dulu. Lebih baik kabelnya dicabut dulu. Jika membutuhkan penerangan, gunakan penerangan kecil saja,” katanya.

Pemilik rumah yang akan pergi untuk berlebaran dan meninggalkan rumah dalam kondisi kosong selama beberapa hari, lanjut Agus, disarankan untuk menitipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik.

“Jika terjadi sesuatu, maka kami bisa melakukan penanganan lebih cepat,” katanya.

BPBD Kota Yogyakarta akan menyiagakan personel di dua posko yang dimiliki yaitu di Posko Balai Kota Yogyakarta dan Posko Kyai Mojo dengan memberlakukan sistem piket.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode