SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (Backgroundpictures.org)

Pemilik rumah atau gedung perlu melakukan pengecekan terhadap instalasi listrik.

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jogja mengingatkan warga untuk tetap mewaspadai potensi kebakaran di lingkungan tempat tinggal mereka selama bulan puasa hingga lebaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Selama bulan puasa ini saja, sudah ada tiga kejadian kebakaran yang kami tangani. Potensi itu tetap ada sehingga seluruh warga diminta tetap waspada,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Agus Winarto seperti dikutip Antara, Jumat (1/7/2016).

Kejadian kebakaran terakhir yang ditangani BPBD Yogyakarta adalah kebakaran akibat kebocoran gas elpiji di Rumah Makan Padang yang berada di Jalan Kusumanegara, perbatasan antara Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Bantul pada Jumat (1/7/2016).

Sedangkan dua kejadian kebakaran lainnya menimpa toko komputer yang berada di pusat perbelanjaan elektronik Jogjatronik Mall, dan kejadian kebakaran di sebuah rumah.

Agus mengatakan, guna mengantisipasi meningkatnya potensi kebakaran saat libur lebaran, pemilik rumah atau gedung perlu melakukan pengecekan terhadap instalasi listrik termasuk gas di rumah atau gedung yang akan ditinggalkan.

“Pastikan alat-alat elektronik yang tidak diperlukan tidak dihubungkan dengan aliran listrik terlebih dulu. Lebih baik kabelnya dicabut dulu. Jika membutuhkan penerangan, gunakan penerangan kecil saja,” katanya.

Pemilik rumah yang akan pergi untuk berlebaran dan meninggalkan rumah dalam kondisi kosong selama beberapa hari, lanjut Agus, disarankan untuk menitipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik.

“Jika terjadi sesuatu, maka kami bisa melakukan penanganan lebih cepat,” katanya.

BPBD Kota Yogyakarta akan menyiagakan personel di dua posko yang dimiliki yaitu di Posko Balai Kota Yogyakarta dan Posko Kyai Mojo dengan memberlakukan sistem piket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya