SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Lebaran 2015 sejumlah instansi tutup. Namun lima puskesmas di Kulonprogo tetap siaga melayani. 

Harianjogja.com, KULONPROGO – Berdasarkan data yang tercatat, setidaknya 257 ibu hamil di 12 kecamatan Kulonprogo akan melahirkan di hari lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Bambang Haryatno mengungkapkan, pendataan ibu hamil sudah dilakukan sejak H-15 lalu. Bambang mengatakan, pendataan ibu hamil dimaksudkan untuk mencegah kematian ibu dan anak saat melahirkan.

“Selama ini, ibu yang sedang mengandung, terutama hamil besar sering kesulitan untuk mengakses layanan medis di saat Lebaran,” ujar Bambang saat dihubungi, Kamis (17/7/2015).

Bambang menandaskan, pendataan yang dilakukan meliputi usia kehamilan, kesehatan janin dan ibu, hingga tingkat risiko saat melahirkan nanti. Hasilnya, dari 257 ibu hamil, 49 orang diantaranya merupakan kehamilan berisiko. Dia menambahkan, identitas ibu hamil termasuk kontak person juga dicatat.

“Kami juga sudah menyambungkan ibu-ibu hamil tersebut dengan bidan-bidan yang ada di wilayahnya masing-masing,” jelas Bambang.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, ada lima puskemas yang disiagakan untuk memberikan layanan dasar bagi ibu hamil. Di antaranya Puskesmas Lendah I, Puskesmas Temon I, Puskesmas Galur II, Puskesmas Sentolo I dan Puskesmas Samigaluh I. Sedangkan, bagi ibu hamil berisiko tinggi akan dilakukan pemantauan secara online dengan MPS (Menuju Persalinan Sehat) Online.

“Kalau ada ibu hamil yang berisiko tinggi nantinya akan siap untuk dirujuk ke RSUD Wates untuk mendapatkan perawatan optimal. Cara ini cukup efektif untuk menekan angka kematian ibu hamil,” tandas Bambang.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Wates Witarto mengatakan, instalasi pelayanan yang tetap buka selama libur Lebaran di antaranya Instalasi Gawat Darurat, rawat inap, rawat intensif, instalasi bedah sentral, farmasi, radiologi, laboratorium dan hemodialisis. Dia menambahkan, pada tanggal 20 Juli, seluruh layanan di RSUD Wates sudah buka seperti biasa.

“Kami pastikan, pelayanan di RSUD Wates tidak akan terganggu pada libur Lebaran ini,” imbuh Witarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya