SOLOPOS.COM - Jemaah An Nadzir Gowa (JIBI/Solopos/Antara/Sahrul Manda Tingkupadang)

Lebaran 2015 dilaksanakan hari ini oleh jemaah Tarekat Naqsabandiyah.

Solopos.com, PADANG – Jemaah Tarekat Naqsabandiyah telah melaksanakan salat Idul Fitri di Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat (Sumber) hari ini, Kamis (16/7/2015). Seperti tahun-tahun sebelumnya jemaah tarekat ini melaksanakan salad Ied lebih awal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Puasa Ramadan digenapkan 30 hari dan 1 Syawal ditetapkan pada Kamis (16/7/2015) sesuai perhitungan kalender dengan Hisab Munjid,” kata pimpinan jamaah Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Mursyid Syafri Malin Mudo, di Padang, Kamis (16/7/2015), seperti dilansir Antara.

Menurutnya, perhitungan tersebut bersumber dari kitab Munjid yang dipercayai jamaah Naqsabandiyah secara turun menurun.

“Dengan metode ini, kami juga sudah bisa mengetahui 1 Syawal tahun depan,” katanya.

Tarekat Naqsabandiyah di Sumbar juga lebih dulu melaksanakan ibadah puasa dua hari dari jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu 16 Juni 2015.

Mursyid Syafri Malin Mudo mengatakan, pengikut tarekat Naqsabandiyah di Sumbar tidak saja ada di Pauh, Padang tetapi juga tersebar di daerah lain seperti, Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Solok.

“Di Padang saja ada sekitar 50 masjid dan surau Naqsabandiyah yang tersebar di pinggir kota diantaranya di Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, dan Lubuk Begalung,” tambahnya.

Meski lebih dulu melaksanakan takbiran, tetapi jemaah Naqsabandiah hanya melaksanakan di surau tanpa melaksakan tradisi pawai.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta perbedaan penetapan Ramadhan dan Syawal tahun 2015 di daerah itu tidak dipersoalkan. “Kita hormati perbedaan itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya