SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Aplikasi smartphone ini penting Anda miliki saat melakukan perjalanan jauh.

Solopos.com, SOLO – Perjalanan jauh saat mudik Lebaran bisa menjadi lebih menyenangkan dengan bantuan dari berbagai aplikasi yang ada pada smarphone Anda. Dilansir Antara.com, Senin (20/7/2015), setidaknya ada tiga aplikasi penting yang sebaiknya ada pada smarphone Anda sebagai teman Anda perjalanan menempuh perjalanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Maps
Aplikasi navigasi sangat membantu dalam perjalanan mudik. Pengguna dapat menggunakan Google Maps untuk mengetahui arah tujuan. Tidak hanya itu, aplikasi Google Maps untuk Android juga dilengkapi dengan informasi penting.

Di antaranya, pengguna akan mengetahui cuaca di tempat yang sedang mereka tuju dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai ke tempat tujuan. Google Maps versi terbaru juga memanjakan pengguna dengan beberapa fakta mengenai tempat tujuan, seperti tempat makan di sekitar lokasi tujuan yang dilengkapi dengan foto-foto menu makanan, penampakan restoran dan juga review restoran tersebut.

Selain Google Maps, aplikasi navigasi Waze juga mampu membantu melancarakan perjalanan mudik. Dengan keunggulannya dalam mengetahui situasi kemacetan, pengguna dapat memanfaatkannya untuk memilih alternatif jalan.

Pengguna juga bisa meninggalkan informasi mengenai penyebab sumbatan jalan atau kemacetan sehingga pengguna lain bisa memakai rute alternatif daripada ikut terjebak macet. Fitur sumbang info merupakan salah satu kelebihan Waze dibanding Google Maps.

Waze sendiri merupakan sebuah piranti lunak navigasi gratis untuk perangkat telepon genggam dan Tablet PC yang memiliki GPS. Saat ini Waze mendukung perangkat dengan iOS (iPhone/iPad), Android, Windows Mobile, Symbian dan Blackberry

Flashlight
Saat dalam perjalanan, terutama pada malam hari, aplikasi flashlight mampu menggantikan kerja senter untuk penerangan. Berbagai pilihan aplikasi flashlight ditawarkan di app store dan play store, antara lain Torch, Light-LED Flashlight, dan Flashlight.

Musik
Meski tidak berfungsi dalam membantu melancarkan perjalanan mudik, namun aplikasi musik dapat menemani Anda dan mengusir rasa bosan saat diperjalanan.

Soundcloud, menjadi salah satu pilihan aplikasi layanan streaming musik, di samping SoundHound, dan yang terbaru Apple Music. Apple resmi mengumumkan layanan musik streaming Apple Music dalam konferensi pengembang Worldwide Developers Conference di San Franciso, bulan lalu.

Apple Music juga dilengkapi fitur Connect yang memungkinkan para artis untuk mengunggah musik, video atau foto mereka yang dapat secara langsung dinikmati oleh para penggemar mereka.

Baru-baru ini, dalam rangka menyambut Idul Fitri, aplikasi musik Guvera merilis playlist Happy Idul Fitri untuk menemani perjalanan mudik. Sebelumnya, Guvera juga telah meluncurkan playlist Ramadan Ramadan Datang yang berisi kumpulan 77 lagu dari penyanyi populer Indonesia di antaranya Bimbo, Opick, dan Gita Gutawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya