SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo bersalaman dengan warga seusai Salat Idul Fitri di Balai Kota Solo, Senin (28/7/2014). (JIBI/Solopos/Septian Ade Mahendra)

Solopos.com, SOLO– Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1435 H sering dimanfaatkan oleh para pejabat Kota Solo untuk menyelenggarakan kegiatan open house. Senin (28/7/2014), baik Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, maupun Wali Kota Solo, F. X. Hadi Rudyatmo (Rudy) sendiri menyelenggarakan open house di rumah dinas masing-masing dalam waktu yang sama.

Namun sebelumnya, seusai pelaksanaan Salat Id, open house juga sudah digelar di Balai Kota. Bahkan pada open house di Balai Kota tersebut, sempat terjadi aksi desak-desakan oleh para warga yang ingin masuk ke kantor Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo. Namun berkat pengaturan yang dilakukan petugas Satpol PP, akhirnya warga pun bisa memasuki kantor tersebut dengan tertib untuk mendapatkan pembagian uang sedekah dari Wakil Wali Kota.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Purnomo sendiri mengatakan pembagian uang jajan yang dikeluarkan dari kantong pribadinya itu tidak memiliki tujuan apapun. “Ya ini hanya fitrah saja untuk masyarakat. Dulu di kampung misal bersilaturahmi ke saudara dengan anak-anak itu kan ada istilah angpao,” ujarnya sambil tersenyum saat ditemui wartawan, Senin (28/7/2014). Purnomo mengatakan, dengan adanya pembagian uang jajan tersebut diharapkan dapat menyenangkan hati masyarakat.

 Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo bersalaman dengan warga seusai Salat Idul Fitri di Balai Kota Solo, Senin (28/7/2014). (JIBI/Solopos/Septian Ade Mahendra)


Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo bersalaman dengan warga seusai Salat Idul Fitri di Balai Kota Solo, Senin (28/7/2014). (JIBI/Solopos/Septian Ade Mahendra)

Dari pantauan solopos.com, bukan hanya anak-anak saja yang ikut mengantre untuk mendapatkan uang jajan tersebut. Namun para orang tua dan remaja pun ikut berdesak-desakan demi dapat memasuki kantor, dan mendapatkan sedekah sebesar Rp10.000. Selain menggelar open house di Balai Kota, Purnomo mengatakan dirinya juga menggelar kegiatan yang sama di rumah dinasnya.

Bukan hanya rumah dinas Wakil Wali Kota saja yang menerima tamu dari seluruh lapisan masyarakat. Loji Gandrung sebagai rumah dinas Wali Kota pun juga tampak dipenuhi tamu sejak pukul 09.00, Senin itu. Sebab Rudy juga menggelar acara open house.

“Ini kan memang acara protokoler. Namun yang paling penting bahwa dalam perayaan hari raya Idul Fitri ini semua bisa saling memaafkan dan bersilaturahmi. Bagi saya itu wajib,” ungkap Rudy saat ditemui wartawan, Senin.

Pada acara open house tersebut, Rudy pun juga berkunjung ke rumah dinas Purnomo. “Jadi saya ke tempat Pak Wakil dulu, karena beliau kan sebagai sesepuh, dan saya yang lebih muda. Jadi saya yang berkunjung,” lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya