SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, KLATEN — Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Klaten tidak melayani kunjungan bebas untuk warga binaannya pada Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah, Senin (28/7/2014). Rencananya, LP Klaten membuka kunjungan bebas Lebaran pada H+2 atau Rabu (30/7/2014).

Kepala LP Kelas IIB Klaten, Julianto Budi Prasetyono, mengatakan penutupan pelayanan kunjungan bebas Lebaran pada Senin tersebut dilakukan karena alasan keamanan. Pasalnya, pada Senin sejumlah petugas Lapas masih ada yang berkumpul dengan keluarga mereka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Oleh sebab itu, LP Klaten memilih untuk memundurkan jadwal kunjungan bebas mulai Selasa. Hal itu bercermin pada tahun lalu yang membuka kunjungan bebas pada saat hari H Lebaran yang pengunjungnya membeludak.

“Oleh sebab itu, kunjungan akan dimulai H+2 Lebaran karena petugas LP pada hari pertama Lebaran bisa bersama keluarga dan saling jaga secara bergantian. Pada Selasa, mereka bisa fokus ke penjagaan kembali,” jelasnya kepada wartawan di kediamannya, Senin. Pihaknya mengaku sudah menyampaikan pengumuman lewat penempelan kertas di papan depan LP.

Diperpanjang
Rencananya, kunjungan bebas juga diperpanjang dari Rabu (30/7/2014)-Sabtu (2/8/2014) mulai pukul 09.00 WIB-15.00 WIB. Tahun lalu, kunjungan bebas hanya digelar dua hari pada saat Lebaran dan H+2 Lebaran.

Sementara, pantauan Solopos.com, Senin, sejumlah kerabat penghuni LP ada yang kecele. Kendati demikian, ada pula kerabat yang diperbolehkan masuk. Menurut Julianto, ada pengecualian kerabat yang diperbolehkan berkunjung.

“Ada beberapa hal, seperti kerbat yang dari luar kota maupun yang hanya punya waktu itu. Namun, pada Senin ini masih kami batasi pengunjungnya, tidak seperti besok saat kunjungan bebas. Keluarganya boleh berkumpul semua,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya