SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, KARANGANYAR — Arus balik Lebaran 2013 terus meningkat.  Tiket bus jurusan Karanganyar-Jakarta kelas super ekesekutif pada arus balik Lebaran 2013 ditawarkan Rp500.000 per lembar. Sementara tiket sejumlah bus jurusan Karanganyar-Jakarta yang berangkat pada 11-13 Agustus habis terjual.

“Tempat kami memang menjual berbagai jenis tiket sejumlah bus berbagai jurusan. Seperti bus super eksekutif, ekeskutif, VIP, AC ekonomi dan sebagainya dari berbagai jurusan seperti ke Jakarta, Bandung, berbagai kota di Jatim dan Sumatra. Tetapi kali ini tiket jurusan ke Jakarta lah yang paling banyak dicari. Sehingga ada salah satu bus yang menawarkan tiket sampai Rp500.000 per lembar,” ujar salah seorang penjual tiket di Palur, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Hari, 39, ketika ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (12/8/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun dia mengatakan jumlah penumpang bus arus balik yang memesan tiket dari pangkalannya dinilai menurun dibanding tahun lalu. Dia menyinyalir hal itu akibat banyaknya penyelenggara mudik gratis seperti dari sejumlah partai politik, pabrik dan sebagainya yang menjadi mode akhir-akhir ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati saat ini tiket bus ke Jakarta dan Bandung banyak diburu warga yang akan balik ke tempat bekerja masing-masing, dia mengaku tetap menjaga kualitas layanan dan jujur.

“Baru saja ada penumpang yang butuh tiket ke Bandung. Tetapi karena ketika saya kontak agen bus tersebut tidak bisa sambung, terpaksa saya tolak. Lebih baik penumpang itu saya suruh mencari di Solo. Sebenarnya kalau mau nakal saya bisa saja menerima uang itu, tetapi kalau tidak ada kepastian dapat tempat duduk kan kasihan dan saya tidak mau,” papa dia.

Secara terpisah salah seorang agen bus Gunung Harta di terminal bus Palur, Ridwan, 27, mengatakan tiket untuk pemberangkatan tanggal 11 sampai 13 Agustus dengan bus patas dan VIP sudah habis. Untuk bus patas jurusan Jakarta, pihaknya menarik Rp280.000 per tiket dan untuk VIP Rp330.000 per tiket.

“Kalau ada yang ingin ke Jakarta pada tanggal itu kami menyediakan dengan bus pariwisata. Sebab seluruh tempat duduk bus patas dan VIP untuk tanggal tersebut dari bus Gunung Harta habis terjual,” papar dia.

Dia menjelaskan meski harga tiket yang ditawarkan ke konsumen di atas harga waktu biasa, masih normal harga Lebaran sesuai ketentuan. Harga tiket kelas VIP yang kemarin ditawarkan Rp330.000 per tiket pada hari biasa dijual Rp150.000 per lembar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya