SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati aneka hidangan di arena Solo Art & Food Festival di Solo Paragon Lifestyle Mall, Solo, Senin (12/8/2013). (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kendati arus balik dilaporkan sudah mulai ramai, potensi belanja pemudik di Soloraya dinilai masih tinggi. Alhasil sejumlah mal di Kota Solo mencoba mempertahankan jumlah pengunjung pada pengujung musim mudik Lebaran ini dengan menggelar aneka kegiatan.

Public Relation Oficer (PRO) Solo Paragon (Sopar) Lifestyle Mall, Veronica Lahji, mengatakan pihaknya mengadakan kegiatan Art and Food Festival pada 8-19 Agustus di Atrium Sopar Mall. “Pengunjung saat Lebaran sangat tinggi terutama dari kalangan pemudik. Oleh karena itu, kami sengaja mengadakan acara hingga Senin (19/8) supaya makin banyak pemudik yang datang ke mal. Tidak hanya pemudik di Solo tapi juga pemudik yang melintas di Solo bisa mampir dan menikmati kuliner Solo di Sopar Mall,” ungkapnya kapada Espos, Senin (12/8).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Veronica menambahkan jumlah pengunjung mal saat Lebaran naik hingga tiga kali lipat dari biasanya, yakni 25.000-27.000 orang/hari. Namun dia mengakui saat ini jumlah pengunjung mal berangsur-angsur normal seiring dengan arus balik.

Acara Art and Food Festival diikuti 40 stan dan menyajikan 50-an menu. Menu yang disajikan kebanyakan adalah makanan khas Solo, seperti nasi liwet, cabuk rambak, kue leker, dan lainnya. Selain cita rasa tradisional, manajemen Sopar pada acara tersebut juga menawarkan aneka hidangan bercita rasa internasional.

Veronica mengatakan pihaknya menggandeng tiga hotel berbintang di Solo, yakni Sopar Hotel and Residence, Lorin Hotel Solo, dan The Royal Surakarta Heritage untuk menyajikan makanan andalan di acara tersebut.

Alasan pemilihan menyajikan makanan tradisional, menurut Veronica, karena pemudik biasanya kangen untuk merasakan makanan khas Solo. “Acara tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pengunjung. Hal itu terbukti, pada Jumat (8/8/2013) saat pedagang sedang bersiap-siap di masing-masing stan, sudah banyak pengunjung yang antre untuk membeli makanan,” terang Veronica.

Sementara itu, transaksi di mal mulai meningkat sejak H-7 Lebaran. Veronica menuturkan tenant fashion, asesoris, dan tempat bermain anak-anak yang paling banyak diburu pengunjung. Dia menambahkan usia Sopar Mall yang masih baru juga membuat beberapa pengunjung penasaran.

Manager Public Relation Hartono Lifestyle Mall, Claudia Varinda, mengatakan pihaknya juga mengundang Nyiur Melambai pada Sabtu-Minggu (10-11/8/2013) untuk mendongkrak pengunjung. Dia juga mengatakan, mulai Selasa (13/8/2013) pihaknya juga akan mulai mengadakan berbagai macam kegiatan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan. Oleh karena itu, dia memprediksi pengunjung akan ramai hingga 20 Agustus.

“Kalau puncak pengunjung saat Lebaran terjadi pada Rabu (7/8) malam. Pada hari itu tercatat pengunjung naik hingga 60.000 orang,” kata Claudia.

Sedangkan peningkatan jumlah pengunjung jika dibandingkan hari biasa sebanyak empat kali lipat, yakni dari 7.000 orang menjadi 20.000-30.000 orang per hari. Claudia mengatakan jumlah transaksi di mal juga meningkat seiring meningkatnya jumlah pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya