SOLOPOS.COM - Logo MUI

Logo MUI

Logo MUI

Solopos.com, JAKARTA — Setelah Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 1434 H 8 Agustus 2013, kini Majelis Ulama Indonesia (MUI) pastikan Lebaran sama dengan penetapan Muhammadiyah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bisa dipastikan, Insya Allah tahun ini kita Idul Fitrinya bareng,” ujar Ketua Umum MUI, Ma’ruf Amin di Gedung MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat seperti dikutip detikcom, Senin (5/8/2013).

Sebab menurut Ma’ruf, pada hari Rabu (7/8/2013) nanti posisi hilal sudah di atas 2 derajat. “Besok Idul Fitri bareng bukan karena (perbedaan) sudah terselesaikan. Tapi kebetulan sama,” terangnya.

Namun demikian, meskipun para ulama sudah sepakat, sidang isbat tetap akan dilaksanakan. Sebab menurutnya cara menetapkan permulaan Ramadhan maupun Syawal harus melalui sidang isbat.

“Sesuai fatwa MUI memang harus melalui sidang isbat. Bukan masalah boros anggaran atau apa,” ucap Ma’ruf.

Dengan berakhirnya Ramadhan, ia berharap umat Islam di Indonesia lebih patuh terhadap aturan agama. Umat Islam juga harus menjalankan kewajiban sebagai warga negara dan menjaga kerukunan.

“Seluruh umat harus saling membantu dan tidak mudah terprofokasi,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya