SOLOPOS.COM - Terminal Tipe A (SOLOPOS/Suharsih)

Terminal Tipe A (SOLOPOS/Suharsih)

Terminal Tipe A (SOLOPOS/Suharsih)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemudik mulai meninggalkan Wonogiri untuk kembali ke tanah rantau. Hal ini terlihat dari mulai bertambahnya jumlah penumpang bus AKAP yang meninggalkan Kota Gaplek.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data Posko Lebaran Terminal Induk Giri Adipura, pada Jumat (9/8/2013), jumlah bus berangkat mulai melebihi jumlah bus yang datang. Bus berangkat hingga pukul 15.00 WIB mencapai 60 unit dengan jumlah penumpang 1.122 orang. Sedangkan bus datang hanya 53 unit, dengan 598 penumpang.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Terminal Induk Giri Adipura Wonogiri, Sutadi, mewakili Kepala UPT Terminal, Haryadi, dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Ismiyanto, saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Jumat (9/8/2013), mengatakan jumlah bus berangkat dari Wonogiri lebih tinggi dibandingkan bus datang. Kondisi ini berbeda dengan saat arus mudik.

“Keberangkatan penumpang itu nyaris dua kali lipat penumpang datang. Ini menunjukkan sudah ada orang-orang yang bukan reguler, menuju ke kota besar,” ungkap Sutadi.

Wakil Kepala Terimal Induk Giri Adipura, Sunarto, menambahkan indikasi para pemudik mulai kembali ke perantauan tampak dari perbandingan antara penumpang berangkat pada dua hari ini, H+1 atau Kamis (8/8/2013) dan H+2 Jumat. Sunarto menjelaskan pada Kamis, jumlah penumpang yang datang dan berangkat masing-masing 927 orang (53 bus) dan 119 orang (22 bus). Artinya, jika dibanding sehari lalu, ada peningkatan jumlah penumpang hampir 10 kali lipat.

Sunarto memperkirakan arus balik akan mencapai puncak pada H+2 Minggu (11/8/2013) atau H+4 Rabu (14/8/2013). Pertimbangannya, dua hari itu adalah hari sebelum masuk pertama sekolah atau instansi.

Sementara itu, masih berdasarkan data Posko Lebaran Terminal Induk Giri Adipura, selama arus mudik 2013 ada sedikitnya 29.000 penumpang bus yang datang ke Wonogiri. Diperkirakan, jumlah itu pula yang akan meramaikan arus balik 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya