SOLOPOS.COM - Ilustrasi tindak kejahatan (dok. Solopos.com)

Solopos.com, JAKARTA — Mabes Polri mencatat peningkatan tajam angka kejahatan pada H+4 masa libur Lebaran 2013 atau Senin (13/8/2013). Sepanjang Senin lalu, tercatat 70 kasus dalam pengamanan mudik Lebaran 2013, atau lebih tinggi 268% dibandingkan hari sebelumnya yang hanya 19 kasus.

Kabag Penerangan Umum Polri Kombes Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/8/2013), memaparkan adanya 4 jenis kejahatan yang terbilang paling menonjol di antara deretan kasus tersebut. Empat jenis kejahatan itu meliputi 19 kasus pencurian dengan pemberatan (curat), 4 kasus pencurian dengan kekerasan (curas), 24 kasus pencurian kendaraan bermotor, dan 23 kasus penganiayaan berat (anirat).

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Agus Rianto menilai meningkatnya angka kejahatan itu disebabkan karena pelaku kejahatan sudah mengetahui celah waktu dalam melakukan kejahatan. “Calon pelaku sudah pernah melakukan, tapi selalu mencari upaya dan dan kesempatan untuk melakukan kejahatan sesuai keinginan,” katanya saat ditanya wartawan terkait penyebab meningkatnya angka kejahatan itu.

Meskipun kasus kejahatan secara keseluruhan meningkat, Agus mengatakan situasi ketertiban dan keamanan masyarakat secara umum tetap kondusif pada H+4. Polri, janjinya, akan mencegah terjadinya kejahahatan sehingga tidak terus bertambah seperti H+4.

Polri mencatat jumlah kejahatan secara keseluruhan pada H+4 mencapai 213 kasus, naik 199% dari hari sebelumnya sebanyak 97 kasus. Sebanyak 213 kasus kejahatan di antaranya merupakan jenis kejahatan transnasional, sedangkan dua lainnya adalah kejahatan transnasional dan satu kejahatan terhadap kekayaan negara.

Polda dengan kejahatan tertinggi pada H+4 adalah Polda Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang masing-masing menyumbang 36 kasus kejahatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya