SOLOPOS.COM - Calhaj menaiki pesawat dari Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali, Sabtu (4/6/2022). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, telah menyiapkan pelayanan operasional penerbangan haji 1443 H/2022 M baik kesiapan petugas maupun kesiapan semua peralatan operasional.

“Untuk penempatan pesawat haji, kami telah menyiapkan 5 parking stand, yaitu di parking stand 8, 10, 11A, 13A dan 15 ,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (4/6/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Yani menjelaskan pesawat yang digunakan untuk haji adalah pesawat jenis Airbus 330 – 900 Neo dengan kapasitas 367 seat. Sedangkan jadwal pemberangkatan haji dimulai tanggal 4 Juni 2022 hingga 3 Juli 2022. Kemudian, jadwal kepulangan haji pada 15 Juli 2022 sampai 13 Agustus 2022.

“Untuk penerbangan kloter pertama telah berangkat pada Sabtu 4 Juni 2022 pukul 00.30 dini hari. Berangkat dengan pesawat Garuda nomor pesawat GIA 6101,” ujar Yani.

Yani menambahkan jemaah haji pada pemberangkatan kloter pertama ini sejumlah 360 orang yang berasal dari daerah Kabupaten Pati. Sebelum diberangkatkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, seluruh jemaah haji Embarkasi Solo sudah berada di tempat penginapan Asrama Haji Donohudan Boyolali. Setelah menginap semalam, jemaah diantar menuju bandara menggunakan bus.

Baca juga: Berurai Air Mata, Mereka Antar Keluarga Naik Haji Dari Pagar Donohudan

Nantinya total 15.499 jemaah calon haji dan pendamping dari 32 daerah beserta petugas akan diberangkatkan dari Embarkasi Haji Solo.Calhaj berasal dari Kota Pati, Jepara, Grobogan, Demak, Kudus, Rembang, Kendal, Magelang, Klaten, Sragen, Semarang, Sleman, Bantul, Yogyakarta, Kulon Progo.

Kemudian calhaj asal Gunung Kidul, Sukoharjo,Tegal, Karanganyar, Cilacap, Banyumas, Brebes, Banjarnegara, Pekalongan, Batang, Boyolali, Salatiga, Purworejo, Wonosobo, Temanggung, Blora dan Surakarta/Solo.

Pesan Gubernur Jateng

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, resmi melepas rombongan calhaj kloter pertama di Embarkasi Solo, Asrama Haji Donohudan. Tiba pukul 20.45 WIB, JUmat (3/6/2022), Ganjar Pranowo menyapa para jemaah haji, menanyakan mengenai kesiapan, hingga kondisi jemaah haji. Tidak lupa, Ganjar Pranowo juga berinteraksi dengan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Baca juga: Lepas Calhaj Terbang ke Tanah Suci, Ini Pesan Wapres dan Menag

“Kita bersyukur bapak ibu bisa hadir di sini, mengantar para jemaah haji untuk berangkat malam ini, ini lengkap mulai dari Bupati, DPRD hingga Kementrian Agam hadir melepas panjenengan. Yang penting semua sehat dan tetap menjaga kesehatan ketika Ibadah Haji. Jaga kesehatan dan ikut mendoakan lancar ketika haji, mendoakan keluarga yang sehat dan jangan lupa mendoakan Negara ini agar aman sejahtera,” ujar dia.

Ganjar juga mengajak para jemaah haji untuk tidak ragu berinteraksi dengan para pendamping jemaah haji yang ada di Tanah Suci.

“Pendamping itu pakai seragam khusus, jika ada masalah jangan ragu bertanya kepada para mereka, jangan khawatir, kalau perlu nomernya dicatat,” tukasnya.

Baca juga: Bikin Penasaran, Apa Isi Tulisan di Gelang Khusus Calon Haji Indonesia? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya