SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi (freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo per hari ini, Selasa (15/6/2021), menyediakan layanan vaksinasi covid-19 keliling bagi warga ber-KTP Solo yang berusia 50 tahun ke atas untuk mempercepat capaian vaksinasi.

Jadwal layanan vaksinasi keliling disebar di sejumlah lokasi pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB yang dilaksanakan pada 15-30 Juni 2021. Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan terdapat 8 lokasi vaksinasi keliling.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jadwalnya, 15 Juni 2021 di Ngarsopuro, 16 Juni 2021 di Srambatan depan Arpusda, 17 Juni 2021 di Sekip Kadipiro, 22 Juni 2021 di Jl. Juanda, 23 Juni 2021 di Jl. Veteran depan Kecamatan Serengan, 24 Juni 2021 di Jl. Brigjen Katamso depan TATV, 29 Juni 2021 di Grha Saba Buana, dan 30 Juni 2021 di Lumbung Batik Sondakan.

Baca juga: SE Terbaru Wali Kota Solo: Warga Positif Covid-19 Dikirim Ke STP!

“Kami jemput bola menggunakan mobil IVA Test ke tempat yang capaiannya rendah dan jauh dari fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Contohnya di Ngarsopuro, sebenarnya dengan dengan RS PKU Muhammadiyah. Tapi, yang namanya malas, ya, enggak mau. Kami pendekatan pelayanan,” kata dia, Senin (14/6/2021).

Dibatasi 100 Pelayanan

Dalam sehari, dibatasi 100 pelayanan dan vaksinasinya dilakukan di dalam mobil IVA Test dengan harapan tidak mengganggu pelayanan di fasyankes lain. Mobil tersebut sekaligus untuk sosialisasi program vaksinasi bagi lansia, pralansia, dan warga yang membawa dua orang lansia untuk divaksin.

“Mereka yang sudah mendaftar melalui link dari Puskesmas, tentu enggak bisa lagi mendaftar karena jadwal mereka sudah ditentukan Puskesmas,” ucap Ning, sapaan akrabnya.

Baca juga: Nekat Berjualan, 5 Pedagang Bermobil Dari Zona Merah Covid-19 Dijaring Satpol PP Solo

Pihaknya mengatur alur vaksinasi lantaran setiap botol vaksin harus digunakan untuk 10 orang. Apabila jumlah pendaftar kurang dari itu, maka satu vial vaksin tak akan dibuka terlebih dahulu.

Hingga akhir pekan ini, capaian vaksinasi lansia sudah di atas 80% dari target 49.983. Sebelumnya, Pemkot juga mulai membuka pendaftaran vaksinasi bagi usaha kuliner.

Sasarannya, warga ber-KTP Solo dan bekerja sebagai karyawan restoran, rumah makan, warung makan di Kota Solo, dan para pedagang kaki lima (PKL) di Solo. Pelaksanaan vaksinasi masih belum terjadwal namun akan diberitahukan lebih lanjut.

Sekretaris DKK Solo, Setyowati, mengatakan pengajuan dan pendataan masyarakat sebagai pemohon dikirimkan kepada Kepala DKK Solo dengan mencantumkan data diri.

Baca juga: Wow! Raja Kuliner Wong Solo Dapat Proyek 5 Juta Paket Makanan, Untuk Apa Ya?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya