Layanan Tes Covid-19 dan Vaksinasi di Bandara - Stasiun, Cek Jadwal dan Tarifnya

Kini bandara di bawah otoritas Angkasa Pura 1 ini melayani dua tes Covid-19, yakni tes PCR dan tes antigen, serta vaksinasi Covid-19.
Layanan Tes Covid-19 dan Vaksinasi di Bandara - Stasiun, Cek Jadwal dan Tarifnya

Solopos.com, SOLO—Layanan Bandara Adi Soemarmo untuk memfasilitasi calon penumpang pesawat terbang semakin komplet. Kini bandara di bawah otoritas Angkasa Pura 1 ini melayani dua tes Covid-19, yakni tes PCR dan tes antigen, serta vaksinasi Covid-19. Sedangkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan tes antigen dan vaksinasi Covid-19 khusus bagi calon penumpang kereta api (KA).

Plt Legal Complience and Stakeholder Relations Bandara Adi Soemarmo, Nova Bimo Leksono, mengatakan tes PCR hadir merujuk pada peraturan perjalanan udara surat edaran (SE) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 terkait persyaratan Perjalanan transportasi Udara dari dan ke Pulau Jawa dan Bali salah satunya adalah melampirkan surat keterangan negatif tes PCR yang berlaku 2 x 24 jam.

Selain itu, penumpang juga mesti menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama. Aturan ini diterapkan khususnya pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak 3 Juli 2021.

“Biaya layanan tes PCR di Bandara Adi Soemarmo senilai Rp 900.000. Layanan tes PCR ini hanya untuk calon penumpang pesawat udara dan sebagai persyaratan untuk melakukan tes ini dengan menunjukkan tiket/kode booking pesawat,” kata dia, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Savia_Clothing, Hobi Yang Berkembang Menjadi Bisnis Fashion

Hanya untuk Calon Penumpang

Bimo menjelaskan calon penumpang pesawat udara hendaknya datang H-2 sebelum melakukan penerbangan untuk dilakukan tes PCR. Tempat pelayanan tes tersebut disiapkan di gedung parkir roda dua Terminal Bandara Adi Soemarmo dengan jam operasional pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB.

Di sisi lain, layanan tes antigen juga masih dibuka di tempat yang sama. Namun demikian, berbeda dengan tes PCR yang hanya untuk calon penumpang maskapai, tes antigen ini dibuka untuk masyarakat umum pada pukul 06.30 WIB – 15.00 WIB. Harga tes antigen Rp170.000.

Selain itu, Bandara Adi Soemarmo juga membuka layanan vaksinasi Covid-19 tepatnya di lantai 1 Stasiun Bandara. Vaksinasi ini khusus untuk penumpang pesawat yang hendak terbang dari Bandara Adi Soemarmo. Syaratnya, wajib memiliki tiket pesawat terbang, KTP/KK, atau pun KTA. Vaksinasi untuk calon penumpang tersebut dibuka pada pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB setiap

“Masyarakat yang memanfaatkan tes antigen pada 1-28 Juli 2021 sebanyak 1.535 orang. Sedangkan untuk layanan vaksinasi Covid-19 pada 5-28 Juli 2021 total sebanyak 412 orang. Sementara tes PCR yang dibuka Rabu [28/7/2021] baru melayani 2 orang,” papar dia.

Baca Juga: BPS Solo Survei Perilaku Masyarakat Masa Pandemi, Apa Dampaknya?

Sementara itu, PT KAI juga menambah layanan vaksinasi Covid-19 sebagai syarat penumpang KA jarak jauh selama PPKM. Syarat perjalanan KA jarak jauh dan KA lokal adalah hasil tes negatif RT PCR atau tes antigen, dan kartu vaksin khusus penumpang di Pulau Jawa.

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, menjelaskan vaksinasi Covid-19 ini gratis untuk calon penumpang KA. Syarat untuk menggunakan layanan ini, yakni harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA jarak jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan KA. Vaksinasi ini tersedia di Stasiun Solo

Begitu pula dengan layanan tes antigen di stasiun yang dikhususkan bagi calon penumpang KA. Layanan tes antigen ini tersedia di Stasiun Solo Balapan, Purwosari, dan Jebres. Harganya Rp85.000. “Jumlah penumpang yang memanfaatkan vaksin Covid-19 gratis di Stasiun Solo Balapan pada 3-28 Juli 2021 sebanyak 1.210 orang,” jelas dia.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago