LAYANAN PERBANKAN: Asyiik, Sejumlah Bank Tetap Buka Selama Libur Lebaran

LAYANAN PERBANKAN: Asyiik, Sejumlah Bank Tetap Buka Selama Libur Lebaran
SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

PromosiDi Balik Rendahnya Konsumsi Buah, Ada Pangsa Pasar Besar di Luar Negeri

JAKARTA – Libur panjang Lebaran kadang merepotkan masyarakat yang mendadak membutuhkan layanan perbankan. Namun ada kabar gembira karena beberapa bank besar tetap mengoperasikan sebagian cabangnya selama periode 18—22 Agustus serta memaksimalkan layanan elektronik untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah. Hanya pada 19 Oktober atau bertepatan dengan Idul Fitri, bank tersebut tidak membuka operasional cabang.

Salah satunya adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang menyiapkan delapan layanan untuk mendukung nasabah agar nyaman ketika mudik ke kampung halaman “Pelayanan BRI tetap optimal, kendati libur panjang,” ujar Muhamad Ali, Sekretaris Perusahaan BRI, Selasa (7/8/2012)

Dia membeberkan selama lebaran BRI membuka layanan terbatas pada 237 unit kerja operasional (UKO) dengan jam kerja dari 08.00 hingga 14.00 WIB. Itu masih ditambah layanan weekend banking BRI di 91 UKO pada 18 Agustus. “Dengan jenis transaksi yang dilayani adalah setoran dan penarikan rekening simpanan, pembukaan rekening simpanan, penerimaan dan penanganan pengaduan nasabah,” ujar Ali.

Selain itu, bank peraih laba terbesar di Indonesia ini juga melayani penerimaan pembayaran bahan bakar minyak (BBM) dan non BBM dari SPBU dan layanan cash pick up dan penyediaan uang receh bagi PT Angkutan Sungai, Danau, dan Pulau (ASDP) dan PT Angkasa Pura I dan II. Selanjutnya, BRI juga tetap memberikan layanan bagi Polri, pada 18, 21, dan 22 Agustus 2012, di lebih dari 400 kantor kas dan payment point, dengan jenis transaksi yang dilayani adalah penerimaan pembayaran biaya SIM, STNK, dan BPKB.

“kami tetap melayani layanan Imigrasi pada17-22 Agustus 2012, di 38 UKO BRI yang terdapat di 44 lokasi bandara & pelabuhan, jenis transaksi yang kami layani adalah penerimaan pembayaran VOA (Visa On Arrival),” jelas Ali. Untuk menjamin kenyamanan nasabah yang ingin mengambil uang tunai, BRI juga telah menyiapkan dana tunai, baik di ATM maupun cadangan kas cabang sebesar Rp17,87 triliun untuk periode 10 Agustus – 24 Agustus 2012. ”Membawa dan mengambil uang seperlunya saja sesuai kebutuhan, mengingat saat ini BRI telah menyediakan ATM dalam jumlah banyak dan tersebar di seluruh Indonesia,” imbau Ali.

Sama dengan BRI, PT Bank Mandiri Tbk juga tetap membuka sebagian kantor cabang yang tersebar di 32 provinsi pada hari libur Idul fitri mendatang. “Jumlah cabang yang buka sudah dibagi-bagi dengan sistem piket,” ujar Direktur Bank Mandiri, Sunarso. Lebih rinci dia menjelaskan pada 18 Agustus perseroan mengoperasikan 132 cabang, 20 agustus sebanyak 123 cabang, 21 Agustus sebanyak 48 cabang dan 22 Agustus sebanyak 122 cabang.

Kantor cabang yang buka tersebut akan melengkapi jaringan e-channel Bank Mandiri yang diharapkan dapat beroperasi 24 jam dan 7 hari dalam seminggu, dengan tingkat operasional hampir 100%. “Kami akan terus melakukan pengisian uang pada anjungan tunai mandiri [ATM] yang berjumlah 10.361 unit. Kami berharap ATM tersebut dapat beroperasi dengan tingkat availability mendekati 100%,” ujar Ventje Rahadjo EVP Coordinator Chain Management Office Bank Mandiri.

Sementara itu, PT Bank Negara Indonesia Tbk membuka 200 cabang pada 18—22 Agustus mendatang. Khusus untuk 18 Agustus, operasional akan ditambah dengan weekend banking yang berjumlah 23 kantor. BNI melayani transaksi penerimaan dan penyetoran rupiah. Transfer antar rekening BNI dan serta penerimaan setoran Pertamina.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago