SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SURABAYA–RSUD Dr Soewandhie dan RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) Surabaya siap menerapkan kebijakan pemberian kompensasi berupa uang ganti rugi senilai Rp50.000 kepada pasien untuk keterlambatan pelayanan sesuai durasi waktu yang ditentukan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi perbaikan pelayanan di RSUD Dr Soewandhie Surabaya pada Kamis (8/12/2022). Hasilnya kalau ada keterlambatan pelayanan maka pasien diberikan kompensasi Rp50.000.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami juga meminta agar poster tulisan kompensasi Rp50.000 tidak hanya ditempel di dekat loket pelayanan, melainkan juga dapat ditambah di depan ruangan farmasi. Sehingga orang juga akan bisa mengontrol, sesuai tidak saya dengan menunggu waktu yang direncanakan,” ujar Cak Eri, panggilan akrab Eri Cahyadi, Jumat (9/12/2022).

Menurut dia, uang kompensasi yang diberikan kepada pasien Rp50.000 merupakan bentuk tanggung jawab manajemen rumah sakit.

Ekspedisi Mudik 2024

Kompensasi diberikan sebagai ganti rugi manajemen apabila durasi pelayanan melebihi waktu yang ditentukan.

Baca Juga: Operasi Gangster di Surabaya, 12 Remaja Bawa Sajam Ditangkap

“Semoga ini menjadi koreksi bersama sehingga lebih cepat, lebih cepat, dan lebih cepat. Kalau saya lihat sudah tidak ada antrean karena ini mempercepat,” ujar dia.

Selain evaluasi terhadap durasi pelayanan, Cak Eri juga menginginkan adanya perbaikan dari sisi pendaftaran.

Sebab, kata dia, dari hasil tinjauannya hari ini, banyak di antara pasien yang datang secara onsite atau langsung dan tidak mendaftar dahulu melalui aplikasi e-health (daring).

“Kalau langsung datang saya minta juga ada nomor jamnya yang tercantum di sana. Sehingga kami tahu rencana masuk jam berapa. Saya maunya onsite juga ada jamnya, sehingga orang tahu tidak ada fitnah, dia (pasien) datang jam sekian,” kata dia.

Evaluasi selanjutnya terkait dengan perbaikan mekanisme bagi pasien yang mendaftar tiga bulan sebelumnya.

Baca Juga: Pelayanan Buruk, Wali Kota Eri Cahyadi Ngamuk di RSUD Dr. Soewandhi Surabaya

Meski warga bisa mendaftar tiga bulan sebelumnya untuk mendapatkan pelayanan di RSUD Dr Soewandhie, namun nomor pendaftaran mereka tertumpuk dengan pasien yang lebih baru mendaftar.

“Nah ini yang saya minta koreksi harus ada jamnya. Tapi Alhamdulillah tadi semuanya (pasien) yang kami tanya, bahkan mengucapkan terima kasih dengan rumah sakit Dr Soewandhie, karena jauh lebih cepat rata-rata satu jam sudah pulang termasuk obatnya. Inilah yang saya harapkan,” kata dia.

Meski begitu, Cak Eri juga mengharapkan supaya manajemen RSUD Dr Soewandhie dapat lebih meningkatkan kenyamanan ruang pelayanan.

Termasuk pula kenyamanan pasien atau keluarganya ketika berada di ruang tunggu.

“Saya berharap posisinya lebih nyaman lagi. Jadi nanti saya minta ruang tunggu dikasih televisi, termasuk ruang poli juga dikasih televisi,” ujar dia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Hadiri Road to Hari Antikorupsi Sedunia 2022 di Surabaya 

Kecepatan pelayanan di RSUD Dr Soewandhie Surabaya rupanya mendapatkan apresiasi dan respons positif dari warga.

Salah satunya adalah Mufidah Pohan yang datang ke rumah sakit wilayah Surabaya timur untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Warga asal Pecindilan, Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya itu mengakui, saat ini pelayanan di RSUD Dr Soewandhie lebih cepat dari sebelumnya.

“Saya kemarin (datang) pukul 09.00 WIB, pulang jam 10.00 WIB, cepat. Enak betul lega,” kata dia.

Selain RSUD Soewandhie, kebijakan pemberian kompensasi juga diterapkan di RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) yang merupakan rumah sakit milik Pemkot Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya