SOLOPOS.COM - Balai Kota Solo (Dok/Solopos)

Layanan kesehatan Solo, Dinas kesehatan kota meluncurkan layanan kesehatan melalui SMS Gateway.

Solopos.com, SOLO–Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo telah meluncurkan layanan SMS Gateway. Melalui layanan ini keluhan dan pertanyaan masyarakat mengenai pelayanan kesehatan bisa disampaikan melalui layanan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan layanan ini untuk menjaring keluhan dan pertanyaan mengenai pelayanan kesehatan. Setiap warga bisa mengirim keluhan melalui nomor 08112767700. Setiap keluhan dipastikan akan mendapat respon dari petugas.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengatakan keluhan yang bisa disampaikan melalui layanan ini ada enam hal. Keluhan itu antara lain, keluhan mengenai prosedur, fasilitas, layanan, dan lainnya. Setiap keluhan harus menggunakan format yang telah ditetapkan.

“Format keluhannya KELUHAN.PROSEDUR.INFO KELUHAN. Itu jika yang dikeluhkan berupa prosedur pelayanan, kalau yang dikeluhkan mengenai pembiayaan, bisa diganti,” kata dia seusai launching layanan SMS Gateway di Kantor Kelurahan Sewu, Jumat (2/10/2015).

Dia menambahkan program ini untuk mendidik masyarakat supaya berani dalam menyampaikan pendapat dan keluhan. Keluhan dari masyarakat akan menjadi bahan evaluasi dan rekomendasi dalam mengambil sebuah kebijakan mengenai program kesehatan.

Menurut dia, layanan SMS lebih mudah dibanding dengan program kotak keluhan yang ada di setiap puskesmas dan rumah sakit. Saat ini hampir setiap keluarga memiliki handphone, dan itu bisa digunakan untuk menyampaikan keluhan.

“Ini masukan buat kami juga, semisal ada keluhan, langsung ditangani,” ujar dia seraya mengatakan program tersebut bermitra dengan Pattiro Solo.

Menurut Direktur Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Solo, Andwi Joko M., program layanan tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan mengenai program kesehatan di Pemkot Solo. Dia mengatakan nantinya seluruh SMS yang masuk akan dibahas dan menjadi rekomendasi dalam menentukan kebijakan kesehatan di Kota Bengawan.

Selain itu, nantinya seluruh SMS yang masuk akan disampaikan ke masyarakat. “Dalam waktu satu atau tiga bulan, SMS yang masuk akan dibahas dan menjadi bahan evaluasi di DKK,” kata dia kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya