Layaknya Pesawat, Mobil Juga Dilengkapi Black Box, Ini Fungsinya

Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini. Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini.
Layaknya Pesawat, Mobil Juga Dilengkapi Black Box, Ini Fungsinya
SOLOPOS.COM - Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya di Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021).Kecelakaan tersebut menewaskan Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah, sementara tiga orang penumpang lainnya mengalami luka-luka. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/nz

Solopos.com, Jakarta — Perangkat black box yang sering dicari petugas ketika terjadi musibah kecelekaan pesawat, ternyata alat itu juga sudah disematkan di dalam mobil.

Hal ini sudah mulai dikembangkan sejak 1994 silam. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi tersebut.

Seperti halnya pada pesawat terbang, komponen ini juga dipergunakan untuk penyelidikan ketika terjadi kecelakaan. Bahkan, melalui black box ini pihak berwajib juga bisa mengungkap terkait pelanggaran lalu lintas yang terjadi.

Baca juga: Ini Bukti Hyundai Mantap Pimpin Era Elektrifikasi di Indonesia

Saat kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel beberapa waktu lalu, pihak kepolisian sudah mengirim benda sebagai black box mobil ini ke Jepang. Tujuannya untuk diidentifikasi dan mengungkap bagaimana kecelakaan itu bisa terjadi.

Adapun beberapa data yang dapat diungkap melalui black box ini, antara lain adalah kecepatan yang ditempuh oleh mobil tersebut. Selain itu, melalui komponen ini penyelidik dapat melihat apakah titik pengereman yang dilakukan oleh pengemudi terjadi kesalahan atau tidak.

Bukan hanya itu, ada informasi lainnya yang juga dapat diungkap melalui membedah black box ini. Seperti apakah fitur keselamatan seperti airbag yang disematkan berfungsi dengan baik atau tidak. Serta, apakah saat mengembang airbag tersebut tepat waktu atau ada delay saat terjadi benturan.

Baca juga: Yuk Intip Koleksi Mobil Ole Gunnar Solskjaer yang Baru Dipecat MU

Dalam penjelasannya, pembalap touring Toyota Team Indonesia, Haridarma Manoppo, membeberkan perihal manfaat dari data logger yang disematkan pada Toyota Yaris. Yang digeber untuk ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).

“Ya namanya juga data logger, semua datanya tersimpan dan tercatat. Mulai dari kecepatan, rpm, terus data-data mesin, temperatur mesin, itu semua kesimpen di situ. Jadi kalau ada kejadian mesin mobil balap jebol, itu bisa ketahuan dari mana asalnya melalui data logger ini,” jelas Haridarma Manoppo dikutip dari Liputan6.com.

Melalui data logger ini, segala kerusakan atau settingan mesin yang kurang maksimal bisa terdeteksi. Bahkan, melalui black box mobil tersebut sistem bisa membaca penyebab mesin yang kurang maksimal.

“Contoh misalnya mesinnya bermasalah dan tiba-tiba panas, kita bisa tahu dari lap ke berapa mesin ini overheat. Dan itu akan kelihatan dari mana dan apa yang menjadi penyebabnya,” tambah Haridarma.

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago