SOLOPOS.COM - Pimpinan DPC Partai Demokrat di Soloraya menyatakan kesetiaan mereka terhadap Ketua Umum Partai Demokray, Agus Harimurt Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi Partai, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kamis (4/2/2021). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Soloraya menyatakan loyalitas mereka kepada Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pernyataan tersebut disampaikan sebagai respons upaya kudeta di tubuh Partai Demokrat.

Pernyataan loyalitas itu disampaikan dalam konferensi pers yang digelar di Solo Kopi Jl. Adi Sucipto, Blulukan, Colomadu, Karanganyar, Kamis (4/2/2021) siang. Agenda tersebut dihadiri pimpinan DPC Partai Demokrat di Soloraya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Ruhut Buka-Bukaan Soal Kudeta Partai Demokrat, Sebut Banyak Penjilat di Sekitar AHY

Surat pernyataan sikap kesetiaan disampaikan kepada DPP Partai Demokrat melalui DPD Partai Demokrat Jawa Tengah (Jateng). Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto, tampil sebagai juru bicara yang membacakan pernyataan sikap melawan kudeta.

“Dengan ini kami menyatakan setia, tunduk, patuh terhadap partai dan kepemimpinan Ketum AHY dan Ketua Majelis Tinggi Partai, SBY. Ini sesuai hasil Kongres V Partai Demokrat pada 15 Maret 2020 yang dilakukan secara demokratis,” tutur dia.

Baca juga: 15 Tahun Menjadi Kepala Daerah, Ini Yang Paling Bikin Wali Kota Solo Rudy Bangga

Lawan Kudeta Demokrat

Supriyanto menjelaskan hasil kongres Partai Demokrat sudah disahkan oleh Kemenkumham dengan SK No. M.HH-09.AH.11.01 tertanggal 18 Mei 2020 tentang Pengesahan Perubahan Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat.

Selain itu juga SK No. M.HH.-15.AH.11.01 tertanggal 27 Juli 2020 tentang Pengesahan Perubahan Sususnan Kepengurusan DPP Partai Demokrat Masa Bakti 2020-2025. Partai Demokrat Soloraya akan melawan segala bentuk upaya kudeta/makar.

“Kami bertekad melawan seluruh upaya pengkhianatan dan makar, serta gerakan inskonstitusional lainnya yang bertentangang dengan AD/ART dan kode etik Partai Demokrat. Bersatu, solid, dibawah kepemimpinan Ketua Umum AHY,” kata dia.

Baca juga: Hii... Ular Piton Ukuran 3 Meter Nyangkut di Drainase SPBU Puri Gading Sukoharjo

Setia ke AHY-SBY

Jajaran pimpinan dan segenap pengurus Partai Demokrat Soloraya akan bersama-sama membangun kebesaran partai untuk memperjuangkan harapan rakyat dan memenangkan Pemilu 2024. Mereka akan melawan segenap upaya pecah belah seperti kudeta yang kini mengguncang Partai Demokrat.

“Ini perlu kami sampaikan kepada masyarakat agar tidak terjadi hal-hal yang antara kader Partai Demokrat diadu domba, dipecah belah. Kami akan melawan segala tindakan untuk merebut kekuasaan atau kudeta di partai ini,” urai dia.

Baca juga: Ada KRL Jogja-Solo, KA Prameks Pindah Layani Rute Jogja-Kutoarjo  

Penuturan senada disampaikan Ketua DPC Partai Demokrat Karanganyar, Tri Hariyadi. Dia meminta DPD Partai Demokrat Jateng dan DPP Partai Demokrat mengambil tindakan tegas terhadap jajaran pengurus yang terlibat gerakan kudeta itu.

“Geraka ini dilakukan dari internal dan eksternal. Bagi yang internal saya mendesak DPD dan DPP untuk ambil tindakan tegas secara organisasi. Segera saja di Plt, siapa pun Ketua DPC dan Ketua DPD. Ini saran dari Demokrat Karanganyar,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya