SOLOPOS.COM - Polres Sukoharjo menggelar launching buku Polres Sukoharjo di Mata Media di Ruang Panjura Mapolres Sukoharjo, Jl. Jaksa Agung R.Soeprapto, Tanjungsari, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo Rabu (30/3/2022). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Polres Sukoharjo meluncurkan buku Polres Sukoharjo di Mata Media yang dilaksanakan di Ruang Panjura Mapolres Sukoharjo, Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto, Tanjungsari, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022).

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menyampaikan media menjadi rem dan gas Polri. Selain itu, buku Polres Sukoharjo di Mata Media juga berisi karya wartawan Sukoharjo. Kapolres menyebut hal itu sebagai apresiasi dan sinergitas Polres dengan media.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Baca Juga : Sidak Pabrik Pengemasan Minyak Goreng, Ini Pesan Kapolres Sukoharjo

“Misalnya kami itu jelek, tapi medianya agak bagus. Ya jadi agak dipoles agak bagus atau mungkin sudah bekerja baik tapi karena medianya tidak di-publish dengan masif akhirnya juga orang mungkin tidak tahu apa yang sudah kami kerjakan. Untuk itulah saya melihat peran media penting. Saya juga melihat media semacam rem dan gas,” ungkapnya saat pembukaan launching buku.

Salah satu bentuk rem dan gas itu melalui saran dan kritik yang disampaikan media sekaligus pelibatan media dalam setiap kegiatan Polres Sukoharjo. Tak hanya itu, dia juga menyebut media secara langsung dapat mempengaruhi pikiran orang atau masyarakat dan mengubah pandangan mereka tentang kehidupan sosial.

Baca Juga : Sibangga Jadi Wadah Polres Sukoharjo Gali Permasalahan Masyarakat

“Media merupakan salah satu komponen penting yang menjadikan tugas pokok Polri berjalan dengan baik. Saya melihat media memainkan peranan yang sangat strategis sebagai pilar demokrasi yang keempat,” jelasnya.

Dia mengatakan Polri tidak dapat bekerja sendirian. Ada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, yang selalu diharapkan dapat bersinergi, bekerjasama mewujudkan tugas pokok Polri.

Guru Besar pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Anam Sutopo, turut menghadiri kegiatan tersebut. Dalam sambutannya mengapresiasi Polres Sukoharjo.

Baca Juga : Wah, Kapolres Sukoharjo Kayuh Becak Berpenumpang Anggota Purnatugas

Dia berharap kegiatan Polres Sukoharjo dapat menjadi contoh atau diteruskan instansi lain terkait sinergitas. “Ada pojok inovasi yang dilakukan dengan pendekatan seluruh elemen. Ada seni komunikasi yang diamalkan dan perlu di support bersama juga diapresiasi,” jelas Anam.

Kegiatan juga dihadiri Anggota Komisi III DPR Eva Yuliana, Pengasuh Ponpes Al Muayyad Dian Nafi, dan Ketua PWI yang diwakili Edwi Puryono, wartawan, kepolisian, dan tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya