SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo, Aulia Ramadhan dalam sesi latihan bersama Persis Solo Youth beberapa waktu lalu. (Istimewa/Dok Persis Solo)

Solopos.com, JAKARTA — Empat penggawa Persis Solo Youth yakni Dimas Maulana, Aulia Ramadhan, Erlangga Setyo, dan Marcell Januar telah memulai latihan bersama Timnas Indonesia U-19 di Jakarta mulai Rabu (2/3/2022). Latihan itu menjadi latihan perdana para Garuda Muda sebelum berangkat pemusatan latihan ke Korea Selatan.

Saat latihan perdana, Coach Shin Tae-yong atau yang akrab dipanggil STY langsung menggenjot fisik para pemain tak terkecuali empat penggawa Persis Solo. Latihan ini perdana dihadiri langsung Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menpora RI, Zainudin Amali, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Latihan dimulai dengan lari berkeliling lapangan, setelah itu penggawa menjalani latihan fisik yang dipimpin oleh pelatih fisik, Shin Sang-gyu. Pelatih asal Korea Selatan itu memberikan latihan fisik dengan menu beeb test yakni berlari dengan jarak 25 meter. Para pemain harus mendengarkan nada beep yang diputar dengan pengeras suara.

Baca Juga: Tiket Pertandingan Liga 1 Kini Dijual Dalam Bentuk NFT, Apa Untungnya?

Metode itu merupakan latihan untuk mengukur penyerapan maksimum oksigen dalam tubuh (VO2 max) dan kebugaran kardiovaskuler. Metode latihan itu mengharuskan pemain untuk berlari bolak-balik secara intens dengan jarak pendek.

“Jadi hari ini hanya cek fisik seperti apa dan mau lihat selama ini intensitas latihan pemain seperti apa. Kami juga sekaligus mau kumpulkan data ini sampai Piala Dunia U-20 2023,” kata Shin Tae-yong dalam keterangan resmi PSSI, Kamis (3/3/2022).

Shin Tae-yong menambahkan, banyak hal yang harus diperbaiki dari para pemain. Apalagi Indonesia akan bertanding di ajang internasional Piala Dunia U-20 2023. “Jadi kami sedang siapkan roadmap agar kami bisa punya fisik mental kuat. Bukan satu dua hal yang harus diperbaiki, tapi banyak sekali yang harus diperbaiki,” kata dia.

Semangat

Sementara itu, Ketum PSSI, meminta para pemain untuk bersemangat dalam berlatih selama pemusatan latihan. Termasuk saat penggawa Timnas berangkat ke Korea Selatan pada pekan depan.

“Hari ini saya lihat pemain sangat bersemangat dalam berlatih. Kami yakin para pemain ini dapat memberikan prestasi di Piala Dunia U-20 2023. Untuk itu pemain harus kerja keras, disiplin, meningkatkan kemampuan, dan ikuti terus intruksi pelatih,” kata Iriawan.

Baca Juga: Jelang 16 Besar Liga 3, Kondisi Tri Handoko Membaik

Di sisi lain, Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa pemerintah ingin Garuda Muda dapat melakukan persiapan yang baik dan maksimal jelang mengikuti Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

“Indonesia menjadi tuan rumah dan mendapat kesempatan untuk langsung menjadi bagian dari 24 tim lolos. Nah, ini harus kita tunjukkan, bukan hanya menjadi tuan rumah atau penyelenggara yang baik, tetapi juga punya tim yang membanggakan,” kata Zainudin Amali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya