SOLOPOS.COM - Satu porsi sego congor yang dijual di warung makan Sego Congor Mbok Semi Boyolali. (Istimewa/Intagram@gormboksemibakalan).

Solopos.com, BOYOLALI – Boyolali memiliki sejumlah kuliner legendaris yang layak dicoba, salah satunya yakni Sego Congor Mbok Semi.

Meski legendaris, menu masakan Sego Congor Mbok Semi Boyolali dijual di warung sederhana. Alamatnya yakni di Bakalan, Tanduk, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Jam operasional warung ini tidak dibuat secara pasti. Sang pemilik mengatakan jam buka dimulai jika masakannya sudah matang. Biasanya dibuka setiap hari sekitar pukul 06.00 WIB hingga semua masakan habis.

Tempat makan tak banyak dikenal warga sekitar Bakalan, Tanduk. Pengunjungnya lebih banyak berasal dari luar kota. Selain enak dan mengenyangkan, makanan khas Boyolali ini dikenal murah.

Satu porsi Sego Congor di warung Sego Congor Mbok Semi dibanderol dengan harga Rp20.000 sudah termasuk kerupuk dan minuman hangat.

Baca juga: Bikin Ngiler! Jadah Mbah Rubi Boyolali Bertabur Keju dan Cokelat

Isian satu porsi Sego Congor di warung Mbok Semi Boyolali cukup mengenyangkan. Satu piring sego congor berisi nasi, koyor, congor, serundeng, dan kuah sambal tumpang.

Congor merupakan sebutan bagian hidung dan mulut sapi. Congor direbus lama hingga lunak, setelah itu diolah dengan bumbu andalan Mbok Semi.

“Tidak pasti, sampai dagingnya empuk. Dimasak jam 06.00 WIB walaupun sampai jam 13.00 WIB kalau belum lunak ya tidak diangkat,” jelas Mbok Semi ketika ditanyai oleh pemilik akun YouTube dengan nama Makan Keliling, Selasa (8 /12/2020).

Kemasyuran Sego Congor Mbok Semi tak hanya dikenal warga biasa, tapi juga pejabat hingga presiden. Si pemilik mengatakan dulu pernah ada utusan Presiden Jokowi untuk membeli Sego Congor ini.

Sego Congor Mbok Semi ini sudah berjualan sejak 50 tahun lalu. Mbok Semi berjualan seorang diri tanpa ada pelayan lainnya. Memasak congor, mengambil pesanan makanan, membuatkan minuman, hingga kasir pun dilakukan sendiri.

Baca juga: Murah Banget, Ini Daftar Menu dan Harga Rica Pedas Mbok Usrek Boyolali

Berdasarkan penilian dari review Google, Sego Congor Mbok Semi diberi rating 4,6/5. Sebanyak 152 pengunjung via Google Maps sepakat masakan di Sego Congor Mbok Semi enak dan recomended.

Namun, mereka juga kompak menilai tempatnya tersembunyi hingga banyak pengunjung keblasuk atau salah tempat. Suasananya juga dipuji karena  sejuk dan ngangeni.

“Tempat makan luas, namun hanya tersedia satu menu paket Sego Congor saja, tanpa pilihan sayur atau lauk lainnya,” ulas salah satu pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya