Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Lapas Purwodadi Gelar Vaksinasi, Warga Binaan Pemasyarakatan Senang

Vaksinasi digelar dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan juga memastikan warga binaan pemasyarakat mendapatkan vaksin.
SHARE
Lapas Purwodadi Gelar Vaksinasi, Warga Binaan Pemasyarakatan Senang
SOLOPOS.COM - Kepala Lapas Kelas II B Purwodadi Soebiyakto menyaksikan warga binaan pemasyarakatan mendapatkan vaksin booster di aula lapas, Rabu (30/3/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, PURWODADI – Guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di kalangan warga binaan pemasyarakatan, Lapas Kelas IIB Purwodadi, Kabupaten Grobogan menggelar vaksinasi Covid-19 dosis 2 dan dosis tiga atau booster, Rabu (30/3/2022).

Bekerja sama dengan Puskesmas Purwodadi 1, warga binaan pun antusias mengikuti kegiatan vaksinasi yang digelar di aula Lapas Purwodadi. Kendati ada juga yang sempat merem ketika disuntik vaksin oleh petugas puskesmas.

PromosiJos! Petani & Peternak Klaten Bisa Jadi Penopang Kedaulatan Pangan

“Jumlah warga binaan pemasyarakatan di Lapas Purwodadi ada 227 orang. Dari jumlah tersebut 139 orang mengikuti vaksinasi booster, dan 18 mengikuti dosis 2. Ada juga anggota darma wanita dan pegawai yang mengikuti vaksinasi booster yakni 5 orang,” jelas Kepala Lapas Kelas IIB Purwodadi, Soebiyakto.

Baca juga: Pemandu Karaoke Ditemukan Meninggal di Kamar Indekos, Ada Luka Sayatan

“Sudah vaksinasi dosis 1 dan dua, terus ini ada vaksinasi dosis 3 atau booster. Alhamdulillah sudah lengkap, dan saya sampai sekarang belum pernah terpapar Covid-19,” ujar Andi, salah satu warga binaan pemasyarakatan.

Menurut Soebiyakto, memang selama 2022 belum ada warga binaan yang terpapar Covid-19, demikian pula ketika 2021 lalu. Namun justru yang terpapar Covid-19 adalah petugas Lapas Purwodadi. Sehingga begitu diketahui positif langsung diisolasi.

“Tujuannya agar tidak menular ke warga binaan pemasyarakatan. Karena selama ini mereka kan di dalam terus jadi belum ada yang terpapar,” jelas Soebiyakto.

Lapas Purwodadi
Warga Binaan Pemasyarakatan menunjukan kartu vaksin didampingi Kepala Lapas Kelas IIB Purwodadi, Soebiyakto (kiri), Rabu (30/3/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Baca juga: Lapas Purwodadi Gandeng Bapas Pati Untuk Asesmen Napi, Ini Tujuannya

Kendati demikian lanjut Soebiyakto, agar warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Purwodadi tetap bugar dan tidak terpapar Covid-19, pihaknya melakukan sejumlah upaya. Seperti mengecek suhu badan, mengadakan olahraga, juga berjemur.

“Selain itu juga kita mengajak warga binaan pemasyarakatan untuk karaokenan. Biar mereka senang sehingga imun tubuh naik dan tidak terpapar Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, upaya lainnya seperti hari ini ada kegiatan vaksinasi dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58. “Tujuannya memastikan bahwa warga binaan pemasyarakat di Lapas Purwodadi, mendapatkan vaksinasi dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 atau booster,” ujar Soebiyakto.

 

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode