SOLOPOS.COM - Wakil Ketua PBNU Nusron Wahid saat diwawancarai wartawan di Balai Kota Solo, Senin (19/12/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru saja melantik Laksamana Yudo Margono dari Angkatan Laut (AL) sebagai Panglima TNI hingga pensiun pada November 2023.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua PBNU Nusron Wahid kepada wartawan setelah melakukan pertemuan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tentang agenda Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama di Balai Kota Solo, Senin (19/12/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami support dan apresiasi Bapak Presiden, itu memberikan sinyal kepada warga TNI dan aparat TNI, bahwa berasal dari mana pun dan kesatuan apa pun memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi panglima TNI,” katanya.

Dia mengklaim rotasi kepemimpinan TNI melibatkan antarunsur matra, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Rotasi pemimpin TNI oleh Presiden Jokowi berbeda dengan era Orde Baru yang seakan Angkatan Darat lebih dominan dibanding angkatan lain.

“Contohnya mantan Panglima TNI Marsekal [Purn] Hadi Tjahjanto bisa menjadi KSAU dan Panglima. Padahal yang bersangkutan, mohon maaf, itu bukan penerbang tembak, KSAU biasanya dari penerbang tembak,” ungkapnya.

Baca Juga: Sah, Presiden Jokowi Melantik Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Itu artinya, lanjut dia, semua personel TNI dari kesatuan maupun unit mana pun punya kesempatan yang sama menjadi Panglima TNI selama memiliki prestasi dan kesempatan. Dia berharap Kepemimpinan Laksamana Yudo Margono bisa kondusif dan kompak dengan Polri serta masyarakat.

“Indonesia ini kata kuncinya tiga, pertama keamanan lingkungan oleh polisi dan keamanan teritorial oleh TNI. Kedua keimanan terjaga, itu tugas ulama-ulama. Kalau keamanan dan keimanan terjaga, rakyat itu kumanan semua,” jelasnya.

Sebagai informasi, Yudo merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Laut pertama yang menjabat Panglima TNI setelah sembilan tahun. Panglima terakhir dari TNI AL  adalah Laksamana Agus Suhartono.

Baca Juga: Hari Ini, Jokowi Lantik Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Presiden Jokowi melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI, Senin (19/12/2022). Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan pesan agar Laksamana Yudo Margono dapat menjaga kesatuan NKRI.

Selain itu, Laksamana Yudo Margono juga diharapkan dapat menjaga dan mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap TNI yang saat ini sudah sangat tinggi. “Kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI yang harus terus ditingkatkan,” pesan Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya