SOLOPOS.COM - Ilustrasi Vaksinasi Lansia. (Istimewa-dok. Bhabinkamtibmas Klodran)

Solopos.com, KLATEN – Camat Klaten Tengah, Sofan, mengatakan vaksinasi terus dilakukan di Klaten Tengah. Namun hingga saat ini menjumpai kendala pada kelompok lansia di atas usia 70 tahun yang kurang berminat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Hingga pekan ini, capaian vaksinasi sekitar 35 persen dari total target sasaran vaksinasi 48.183 orang. Vaksinasi dilakukan di tingkat kelurahan/desa wilayah Klaten Tengah. Seperti di Kelurahan Tonggalan dan Klaten pada Sabtu (11/9/2021) dengan total sasaran 700 orang. Serta di Desa Gumulan dan Kelurahan Mojayan pada Senin (13/9/2021) dengan total sasaran 700 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Harapan kami pekan depan bisa mencapai 50 persen. Namun juga diakui ada beberapa kendala. Pada kelompok lansia artinya mereka sudah di atas usia 70 tahun banyak yang kurang berminat. Sehingga harus ada motivasi secara medis dari bidan desa setempat. Tidak cukup dari RT/RW dan perangkat desa/kelurahan,” kata dia, Sabtu.

Baca juga: Ribuan Pelajar SMP-SMA Klaten Divaksin Covid-19, Ini Jadwalnya

Pada kelompok ibu hamil, sebagian memilih belum bersedia divaksinasi mempertimbangkan usia kehamilan. Sebagian ibu hamil itu memilih mengikuti vaksinasi pada usia kehamilan di atas enam bulan.

Kendala lain yakni pada kelompok warga yang memiliki penyakit penyerta. Pasalnya, merekaharus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan mereka bisa menerima vaksinasi Covid-19 atau tidak.

Tim Ahli Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan jumlah total vaksin Covid-19 yang bakal diterima Klaten selama September mencapai sekitar 250.000 dosis.

“Sebelumnya pasokan dosis vaksin tidak bisa dipastikan,” jelas Ronny saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (11/9/2021).

Baca juga Bikin Geger, Bakul Dawet Meninggal Dunia Mendadak di Pasar Kota Sragen

Vaksinasi Covid-19 Klaten

Dengan tambahan pasokan vaksin Covid-19 tersebut, Ronny memperkirakan ada penambahan capaian vaksinasi sebesar 20 persen selama September 2021. Sementara, capaian vaksinasi Covid-19 saat ini sekitar 24 persen dari total target 1.006.650 orang.

“Dengan alokasi vaksini ini, kami berharap capaian vaksinasi pada September bisa mencapai 50 persen,” urai dia.

Sementara itu, selain kelompok lansia dan masyarakat umum, vaksinasi Covid-19 kini mulai menjangkau kelompok pelajar usia 12 tahun hingga 18 tahun. Vaksinasi ke kelompok pelajar usia SMP dan SMA/SMK itu mulai dilakukan pada Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Sukoharjo Pasang Target Suntikkan Vaksin Covid-19 ke 15.000 Orang Per Hari

Polres Klaten menyediakan sekitar 5.000 dosis vaksin Covid-19 untuk kegiatan vaksinasi dengan sasaran pelajar. Pada Jumat, gerak vaksin Polres Klaten menyasar pelajar MAN 1 Klaten, MAN 2 Klaten, serta SMKN 2 Klaten. Pada Sabtu, gerai vaksin Covid-19 Polres Klaten menyasar MTSN 2 Klaten dan SMKN 1 Klaten.

“Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dalam rangka mempercepat tercapainya herd immunity dan mempersiapkan pembelajaran tatap muka di Klaten,” kata Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, melalui Kasi Humas Polres Klaten, Iptu Abdillah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya