SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Landasan Bandara Juanda rusak menyebabkan setidaknya 90 jadwal penerbangan terganggu dalam empat jam perbaikan.

Madiunpos.com, SURABAYA — Landasan pacu di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo awal pekan ini kembali mengalami kerusakan. Sebanyak 90 jadwal penerbangan terganggu akibat penghentian operasional selama empat jam yang dilakukan pihak otoritas bandara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penutupan sementara Bandara Juanda terpaksa dilakukan Senin (19/1/2015) pukul 11.00 WIB-15.00 WIB demi keselamatan penerbangan akibat ada landasan pacu (runway) yang terkelupas. Pengelupasan dilaporkan terjadi di beberapa titik dengan diameter antara 15cm hingga 70 cm.

“[Aktivitas penerbangan] di terminal 1 [T1] dan terminal 2 [T2] Juanda terpaksa ditutup sementara, karena ada kerusakan di landasan pacu,” jelas Kepala Seksi Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Juanda Andrias Yustinian dalam keterangan resmi, Senin.

Pihak pengelola bandara internasional yang beroperasi di Sidoarjo itu beranggapan lubang yang ditemukan di runway tersebut sangat berbahaya bagi pesawat yang akan take off maupun landing. Share Service Departement AP I Didik Catur menjabarkan lokasi landasan pacu yang terkelupas itu merupakan titik tumpuan pesawat yang hendak terbang dan mendarat.

Perbaikan untuk kerusakan kecil, sambungnya, biasanya dilakukan pada malam hari. Namun, apabila kondisi kerusakan sudah sangat membahayakan penerbangan maka perbaikan tidak dapat ditunda.

Untuk diketahui, T1 dan T2 Bandara Juanda hanya memiliki satu runway, sehingga kerusakan otomatis akan mengganggu aktivitas penerbangan di kedua terminal. Sebagai konsekuensinya, sekitar 52 jadwal keberangkatan ditunda (delay) dan 38 jadwal kedatangan dialihkan (divert) ke beberapa bandara terdekat, seperti Bandara Internasional Ngurah Rai Bali dan Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya