SOLOPOS.COM - Peta lokasi gempa di Cianjur yang banyak terdapat permukiman warga. (esdm.go.id)

Solopos.com, SOLO — Musibah bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) siang. Bencana alam tersebut membuat umat Islam berusaha untuk selalu dekat kepada Allah SWT, termasuk dengan berdoa memohon perlindungan saat terjadi musibah gempa bumi.

Gempa bumi di Cianjur dengan kekuatan 5,6 Magnitudo itu membuat 162 orang kehilang nyawa, 326 orang luka-luka, dan 13.784 warga mengungsi.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Hal ini membuat banyak orang takut dan khawatir jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk itu, umat muslim bisa membaca doa saat gempa bumi terjadi berikut ini yang dijelaskan oleh KH Abdul Karim, pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur’an Azzayadi Solo yang tayang di situs resmi Nahdlatul Ulama, NU online.

Baca Juga: Dosa Besar! Begini Penjelasan Hukum Judi Bola dalam Islam

Allaahumma innii asaluka khairaha wa khaira maa fiihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a’uudzubika min syarrihaa, wa syarri maa fîhaa wa syarri maa arsalta bihi.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.

Baca Juga: Hukum Operasi Plastik dalam Islam Ternyata Boleh, Tapi Ada Ketentuannya!

Bukan hanya dibaca saat gempa bumi terjadi, doa ini juga bisa dilafalkan setelah musibah tersebut. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya