SOLOPOS.COM - Lampu Motor (Otorider.com)

Solopos.com, SOLO — Lampu motor merupakan salah satu komponen penting sepeda motor, selain sebagai penerangan saat berkendara di malam hari, juga patuh aturan.

Karena aturan lalu lintas saat ini mewajibkan pengendara motor menyalakan lampu sepeda motornya saat melaju di jalan raya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Apa jadinya ketika lampu motor mendadak mati, apalagi pas jalan malam hari. Tentu bakal merepotkan dan membahayakan jika nekat melanjutkan perjalanan.

Lebih parah lagi jika lampu motor tersebut mati mendadak di lokasi yang jauh dari permukiman. Atau pas semua toko onderdil motor sudah pada tutup.

Untuk itu sebaiknya kamu mengetahui penyebab lampu motor mati mendadak. Berikut penyebabnya seperti dikutip Solopos.com dari Federaloil.co.id.

Baca juga: Lelang Mobil Dan Motor dari KPK, Minat? Ini Harga dan Caranya

Relay bermasalah

Jika lampu motor mendadak mati kemungkinan besar terdapat masalah pada bagian relaynya. Anda bisa mengecek terlebih dahulu peranti ini dan membersihkannya, karena relay yang kotor dan berkarat jadi penyebab gangguan pada lampu.

Aki motor

Penyebab lainnya bisa karena kondisi aki yang bermasalah. Jika aki motor sudah soak, jelas hal ini akan mempengaruhi aliran listrik untuk lampu motor Anda.

Soket lampu mulai longgar

Faktor lainnya yang menyebabkan lampu motor mendadak mati adalah soket pada lampu yang longgar atau copot. Jika hal ini terjadi, cukup dengan menyambungkan kembali soket.

Pastikan Anda memasang soket lampu dengan tepat dan kuat. Karena soket yang terbuat dari bahan plastik cenderung lebih mudah longgar sehingga dapat terlepas kapan saja.

Baca juga: Cara Mengatasai Motor Brebet, Biar Tetap Ngacir…

Kabel motor

Kemudian penyebablampu motor mati adalah masalah pada jaringan kabel. Bagi yang sering modifikasi motornya, pastikan untuk mengecek kembali komponen kelistrikan.

Bisa jadi saat melakukan modifikasi kendaraan, Anda lupa memasang kembali peranti kabel. Jadi sebaiknya cek kembali kabel motor dan pastikan tidak ada yang putus.

Kondisi bohlam lampu

Bohlam lampu juga bisa menjadi pemicu lampu motor tidak menyala. Jika ditemukan bohlam lampu mulai rusak akibat usia pemakaian, segera ganti dengan yang baru.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya