Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Lampaui Target Medali, Indonesia Juara Umum APG XI Solo 2022

Indonesia memastikan menjadi juara umum APG XI Solo 2022 dengan menuntaskan target perolehan medali yatu 168 medali emas.
SHARE
Lampaui Target Medali, Indonesia Juara Umum APG XI Solo 2022
SOLOPOS.COM - Lifter asal Medan, Sumatra Utara (Sumut), Tambi Sibarani sukses meraih medali emas dalam ajang ASEAN Para Games Solo 2022. Capaian emas ini secara khusus dipersembahkan Tambi untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.(Muchlis/kemenpora.go.id)

Solopos.com, SOLOIndonesia berhasil memutus tradisi tuan rumah tidak pernah keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games. Indonesia memastikan menjadi juara umum APG XI Solo 2022 dengan menuntaskan target perolehan medali.

Kontingen Indonesia melebihi target perolehan medali emas dalam APG 2022. Target semula hanya 104 medali emas namun skuat Merah Putih memperoleh 168 medali emas.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Dari awal saya sampaikan target juara umum dengan 104 medali emas, sekarang lebih 150 medali,” ujar Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam kunjungannya di Solo pada Jumat (8/5/2022).

Baca Juga: Pemerintah Gelar Tumpengan di Solo untuk Kesuksesan APG 2022

Bahkan, sepanjang perjalanan APG, kata Menpora, Indonesia banyak menuai pujian terkait pelaksanaan. Hal itu diharapkan membawa dampak baik  model penyelenggaraan single event atau multievent olahraga.

Sesuai Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) talenta muda dalam APG ini bisa dibawa ke tahap selanjutnya. Hal itu demi kesuksesan di berbagai kejuaran pada masa mendatang.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan empat sukses yang harus diraih selama pelaksanaan APG 2022. Empat sukses itu yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, admninistrasi, dan sukses ekonomi yang harus dijadikan pedoman bagi panitia pusat dan daerah.

Baca Juga: Closing Ceremony APG 2022 Dihadiri Jokowi, Solo Tanpa Pengalihan Arus

“Empat sukses itu sudah saya targetkan sejak awal dan itu benar-benar dipedomani oleh seluruh panitia baik di tingkat pusat dan daerah,” kata Menpora.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhekti mengatakan hingga hari terakhir penyelenggaraannya, Jumat (5/8/2022) malam, Indonesia memimpin dengan 168 medali emas. Jumlah medali yang diperoleh melebihi target yang dicanangkan yakni 104 medali emas.

“Total kita bisa meraih sekitar 400 medali,” katanya saat melakukan jumpa press di Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Jumat (5/8/2022) malam.

Baca Juga: BCL Bantah Tampil di Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022

Indonesia menurunkan 323 atlet yang terbagi dalam 14 cabang olahraga (cabor). Bahkan atlet yang meraih lebih dari satu medali dan iu menjadi pencapaian yang luar biasa.

Di sisi admistrasi dan peningkatan ekonomi semua telah berjalan sesuai rencana. Sukses dalam penyelenggaraan, prestasi, admninistrasi dan sukses ekonomi.

“Semua hotel penuh, yang datang banyak, termasuk dengan pelibatan teman-teman dari UKM lokal. Overall APG XI di Solo pencapaian suksesnya luar biasa,” katanya.

Baca Juga: Jokowi Hadiri Penutupan APG XI Solo 2022, 1.954 Personel Disiagakan

Sekretaris Jenderal Indonesia National Paralympic Comittee (INASPOC) Rima Ferdianto mengatakan Indonesia juga sukses memecahkan mitos. Dalam 5 kali penyelenggaraan terkahir tidak ada tuan rumah yang menjadi juara umum.

“Jadi kita juga mematahkan mitos itu,” kata dia.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode