SOLOPOS.COM - Jembatan Mojo, Pasar Kliwon, Solo. (Instagram @dpupr_surakarta)

Solopos.com, SOLO — Jembatan Mojo yang menghubungkan Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, dengan Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, rencananya akan dibuka pada Kamis (1/12/2022) sore. Pembukaan jembatan itu bakal membuat lalu lintas di Kota Solo kembali lancar.

Pengaspalan yang merupakan tahap akhir dari pengerjaan Jembatan Mojo dijadwalkan rampung hari ini, Rabu (30/11/2022). Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Nur Basuki, saat diwawancara Solopos.com. Menurut Nur Basuki, rencananya besok sore Jembatan Mojo sudah dibuka untuk umum.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya tadi baru check ke lokasi, kemungkinan kalau tidak besok Kamis (1/12/2022) sore atau Jumat (2/12/2022) pagi nanti Jembatan Mojo sudah bisa dilewati,” jawab Nur Basuki singkat, Rabu (30/11/2022).

Tahap terakhir dari pengerjaan Jembatan Mojo yakni pengaspalan yang dijadwalkan akan selesai pada Rabu agar bisa segera digunakan oleh warga. “Hari ini untuk pengaspalannya dijadwalkan selesai,” lanjutnya.

Baca Juga: Jembatan Mojo Hampir Rampung, Izin Perbaikan Jembatan Jurug A Belum Turun

Meskipun sudah bisa dilewati mulai 1 Desember 2022, nantinya pihak DPUPR masih akan melakukan pengawasan. “Nanti akan kita lakukan uji dinamis saat pembebanan normal karena memang perlu analisis data terlebih dahulu. Uji dinamisnya akan kita mulai dari Rabu (30/11/2022) hingga Kamis (1/12/2022),” terangnya.

Jembatan Mojo yang terbentang di atas Sungai Bengawan Solo sudah ditutup untuk arus lalu lintas sejak 26 September 2022. Jembatan Mojo dinilai mengalami penurunan kekuatan lantaran termakan usia. Jembatan Mojo sejatinya sudah berumur lebih dari 30 tahun.

Sebelum diperbaiki, pelat beton Jembatan Mojo diketahui pecah di beberapa titik. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, Jembatan Mojo diperbaiki terutama pada bagian pelat beton dan bantalan karet. Selain itu ada pengencangan baut sekaligus penguatan rangka baja.

Baca Juga: Viaduk Gilingan Solo akan Diperdalam Agar Bisa Dilewati Bus Pariwisata

Tahap pengerjaannya dimulai dengan pemasangan pelat jembatan dan dilanjutkan dengan pengaspalan jembatan. Setelah pemasangan panel lantai ortotropik baja dan baut pengencang rampung, pekerja mengecek kekuatan lantai jembatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya