SOLOPOS.COM - Kepadatan arus lalu lintas kendaraan bermotor terlihat di Jl. Jendral Sudirman Solo, Jumat (6/5/2016). Kepadatan lalu lintas terjadi di ruas jalan Kota Solo karena peningkatan jumlah kendaraan bermotor saat libur panjang akhir pekan. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Solo, diperkirakan Minggu (8/5/2016) menjadi puncak arus balik libur panjang dari Kota Solo.

Solopos.com, SOLO–Hari terakhir libur panjang akhir pekan atau Minggu (8/5/2016) diproyeksi menjadi puncak arus balik kendaraan dan penumpang dari Kota Bengawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, sebanyak 2,2 juta kendaraan melintasi jalanan Kota Solo pada hari kedua libur panjang akhir pekan, Jumat (6/5/2016), atau naik 10% dibandingkan hari biasa. Pada hari biasa, volume kendaraan di Kota Bengawan mencapai 2 juta kendaraan. Peningkatan volume kendaraan mulai terasa, Kamis (5/5/2016).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Sri Baskoro, menyatakan peningkatan volume kendaraan pada libur panjang akhir pekan kali ini tidak signifikan dibandingkan momen liburan lainnya. Salah satu penyebabnya, lantaran momen liburan kali ini berbarengan dengan pengumuman hasil ujian nasional SMA/SMK, Sabtu (7/5/2016), serta berdekatan dengan ujian nasional SMP, Senin (9/5/2016).

“Kenaikan volume lalu lintas di dalam kota tidak signifikan seperti libur lainnya karena arus lalu lintasnya regional. Jadi banyak kendaraan luar kota ke Solo dan warga Solo bepergian ke luar kota,” terangnya saat ditemui di kantornya, Jumat siang.

Baskoro, sapaan akrabnya, menjelaskan peningkatan volume kendaraan di dalam kota dipengaruhi banyaknya kendaraan pribadi yang melintasi Kota Solo dari arah barat. Menurutnya, kepadatan lalu lintas di dalam kota tidak terjadi sepanjang waktu dan hanya terjadi di sekitar pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, serta sentra kuliner.

“Kendaraan yang masuk Solo didominasi kendaraan pelat H, B, dan D. Masuknya dari jalur barat sehingga simpang Faroka, simpang Kerten, bunderan Purwosari, simpang Fajar Indah, dan simpang Tugu Wisnu, serta Jl. Adisucipto tersendat. Tapi relatif lancar dibandingkan biasanya,” jelasnya.

Menurut Baskoro, puncak arus balik libur panjang kendaraan pribadi pemudik dari dan keluar Solo terjadi pada Minggu mendatang. “Minggu nanti peningkatan signifikan mulai terasa setelah pukul 12. 00 WIB. Tapi arahannya tidak lewat dalam kota karena Solo biasanya hanya jadi perlintasan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto, menyatakan volume penumpang yang naik dan turun di Terminal Tirtonadi mulai mengalami kenaikan Rabu (4/5/2016) malam. “Rabu dan Kamis mulai ada peningkatan. Kebanyakan menuju Jawa Timur,” terangnya tanpa , Jumat siang.

Menurut Eko, puncak arus balik libur panjang akhir pekan di Terminal Tirtonadi diprediksi, Minggu mendatang. “Kemungkinan Minggu nanti puncak arus balik karena Senin sudah pada masuk kerja dan sekolah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya