SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Pemprov DIY akan merealisasikan Jalur Outer Ringroad (JOR) melewati beberapa Kabupaten, seperti Bantul, Kulonprogo dan Sleman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) DIY, Tjipto Haribowo mengatakan, JOR bertujuan untuk memecah lalu lintas kendaraan yang masuk dalam kota. Jika dipaksakan melalui jalan yang sudah ada, dikhawatirkan bakal terjadi luapan. Jalur dalam ataupun pinggiran kota dipastikan tidak mampu menampung.

Bahkan jalur Ringroad yang dinilai lebar jalannya sudah cukup luas, saat ini sangat padat. Ring road utara mulai dari Jombor sampai Maguwoharjo berubah menjadi pusat perekonomian. Munculnya simpang baru mengakibatkan laju kendaraan semakin terhambat.

“Jalan ring road itu bukan lagi jalan arteri, ring road utara sudah padat kendaraan, menyusul nanti ring road selatan akan padat. JOR salah satu alternatif untuk memecah traffic dalam kota,” ujarnya seusai pemaparan road map transportasi DIY di depan Komisi C DPRD DIY, Senin (7/5).

JOR dimulai dari Prambanan-Piyungan-Palbapang-Pandak-Sedayu-Sentolo-Tempel. Lebar jalan idealnya 14 meter dengan empat lajur, tetapi antar Sentolo-Tempel dilakukan revisi menjadi tujuh meter karena berada di kawasan Sleman barat yang merupakan kawasan pertanian produktif. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya