SOLOPOS.COM - Ilustrasi karantina mandiri. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit orang barangkali belum mengetahui harus lakukan apa setelah dinyatakan positif Covid-19 seperti salah satu member Blackpink, Lisa. Ya, bukan tidak mungkin suatu saat kita atau orang-orang terdekat kita bakal terinfeksi virus ini.

Perlu diingat ketika dinyatakan positif Covid-19 bukan berarti akhir dari dunia, kita tetap bisa lakukan banyak hal meski harus di rumah saja. Sedangkan bagi mereka yang mengalami gejala berat, tentu saja harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun jika Anda tanpa gejala atau hanya mengalami gejala ringan, ada sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan setelah dinyatakan positif Covid-19. Langkah-langkah itu tentu saja bertujuan untuk merawat diri sendiri dan mencegah penyebaran penyakit.

Baca Juga: Lisa Blackpink Positif Covid-19, Penggemar Doakan Kesembuhan

Berikut ini sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan setelah dinyatakan positif Covid-19 seperti dikutip dari halodoc.com pada Rabu (24/11/2021):

1.Tetap di Rumah

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan setelah dinyatakan positif Covid-19 adalah tetap tinggal di rumah atau melakukan karantina mandiri di rumah. Kebanyakan orang dengan Covid-19 memiliki gejala ringan dan dapat pulih di rumah tanpa perawatan medis. Jangan tinggalkan rumah, kecuali untuk mendapatkan perawatan medis. Jangan mengunjungi tempat umum atau naik kendaraan umum.

Sebisa mungkin, tinggallah di kamar tertentu yang jauh dari orang lain dan hewan peliharaan di rumah. Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan kamar mandi terpisah. Jika perlu berada di sekitar orang atau hewan lain di dalam atau di luar rumah, kenakan masker.

2.Istirahat, Minum Air Putih yang Cukup, dan Hubungi Dokter

Jika dinyatakan positif Covid-19, penting untuk istirahat dan minum air putih yang cukup. Untuk meredakan gejala, kamu bisa minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti asetaminofen. Gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter secara berkala, atau meminta resep obat dan vitamin yang dibutuhkan.

Baca Juga: Lisa Blackpink Trending di Twitter, Warganet Doakan Massal

3. Beri Tahu Kontak Dekat

Ingat-ingat kapan dan bertemu siapa saja beberapa hari belakangan sejak dinyatakan positif COVID-19. Orang yang terinfeksi dapat menyebarkan Covid-19 mulai 48 jam (atau 2 hari) sebelum orang tersebut memiliki gejala atau tes positif. Dengan memberi tahu kontak dekat bahwa mereka mungkin terpapar Covid-19, kamu dapat membantu melindungi semua orang.

4. Pantau Gejala yang Muncul

Selama menjalani isolasi mandiri, pantau apa saja gejala yang muncul, hari demi hari. Tetaplah berhubungan dengan dokter, dan pastikan untuk mendapatkan perawatan jika kamu mengalami kesulitan bernapas, atau memiliki gejala darurat lainnya, seperti:

Baca Juga: Benarkah Billie Eilish Lahir di Nganjuk? Ini Faktanya

– Nyeri atau tekanan yang terus-menerus di dada.
– Linglung.
– Ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga.
– Kulit, bibir, atau bantalan kuku pucat, abu-abu, atau biru, tergantung pada warna kulit.

5. Selalu Terapkan Protokol Kesehatan

Pada kondisi di mana harus berada di sekitar orang lain atau hewan, bahkan di rumah sekali pun, kamu harus memakai masker. Jika kamu tidak bisa memakai masker (karena kesulitan bernapas, misalnya), tutupi batuk dan bersin dengan tisu bersih, lalu segera buang tisu dan cuci tangan setelahnya.

Cobalah menjaga jarak fisik dengan orang lain, untuk mencegah penularan. Selain itu, penting juga untuk rutin mencuci tangan dengan air dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, bersihkan tangan dengan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah membuang ingus, batuk, atau bersin, pergi ke kamar mandi, dan sebelum makan atau menyiapkan makanan. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.

Baca Juga:  8 Drama Korea yang Dibintangi Park Shin Hye, Ada The Heirs

Hindari juga berbagi barang-barang rumah tangga pribadi, termasuk piring, gelas minum, cangkir, peralatan makan, handuk, atau tempat tidur dengan orang lain di rumah. Cuci barang-barang tersebut dengan seksama setelah digunakan dengan sabun dan air, atau masukkan ke mesin pencuci piring.

6. Bersihkan Permukaan yang Sering Disentuh secara Berkala

Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh di rumah, meski sudah menggunakan kamar dan toilet yang terpisah dengan anggota keluarga lain. Terutama jika kamu masih sering keluar dari kamar untuk sekadar ke dapur.

Permukaan yang umumnya sering disentuh adalah telepon, remote control, meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, keyboard, tablet, dan meja samping tempat tidur. Gunakan pembersih dan disinfektan rumah tangga. Pada area yang kotor, bersihkan area atau benda dengan sabun dan air atau detergen lain, baru gunakan disinfektan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya