SOLOPOS.COM - Ilustrasi mesin game konsol PS4 (Theguardian.com)

Solopos.com, LONDON — Sony terus mereka strategi demi menggenjot penjualan mesin game generasi terbarunya, Playstation 4 (PS4). Sony meraba kemungkinan menjual game konsol itu lebih murah di pasar game konsol Inggris. Nyatanya, hal itu disambut baik oleh konsumen yang ditandai dengan meningkatnya penjualan PS4 di sejumlah retailer.

Keberhasilan PS4 tidak membuat Sony berpuas diri. Sony terus menggali ikhtiar menggenjot penjualan PS4. Laman Hotukdeals yang dikutip Solopos.com, Senin (10/3/2014), mengungkapkan label harga mesin game konsol itu di Inggris turun angka menjadi 330 pounsterling atau sekitar Rp6,5 juta. Ini artinya game konsol PS4 itu mendapatkan potongan harga 20 poundsterling.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Strategi bisnis itu diklaim cukup berhasil. Sebagai bukti, salah satu retailer game ternama dunia, Gamestop, mengaku unit game konsol PS4 di toko mereka langsung habis terjual hanya dalam beberapa hari setelah Sony mengumumkan pemotongan harga tersebut.

Meski potongan harga yang diberikan tidak terlalu besar, namun langkah yang diambil Sony itu dinilai cukup berani. Pasalnya harga jual normal PS4 yang US$399 sebenarnya sudah lebih murah dibandingkan harga mesin game konsol pesaing mereka. Xbox One besutan Microsoft dilabeli harga US$499.

Strategi ini diyakini akan sukses besar di negara-negara berkembang seperti sejumlah negara di Asia Tenggara. Apalagi game konsol Playstation dikenal jauh lebih laku dibanding Xbox. Xbox lebih dikenal di pasar Eropa dan negara asalnya, Amerika Serikat (AS).

Diberitakan sebelumnya, perang game konsol generasi kedelapan sepertinya bakal didominasi perangkat produksinya, Playstation 4 (PS4). Penjualan game konsol ini melonjak signifikan sejak diluncurkan di Jepang 22 Februari 2014 lalu.

Laman IGN.com, Kamis (6/4/2014), mengungkapkan Sony mengumumkan hingga kini PS4 telah terjual 6 juta unit. Penjualan ini terhitung mencakup 57 negara termasuk Jepang. Angka ini melesat tajam dari pengumuman dua pekan lalu yang menyebutkan bahwa PS4 terjual 5,3 juta unit.

Sony memang terus panen keuntungan dari mesin game konsol andalannya itu. Sejak diluncurkan pada akhir November tahun lalu, penjualan PS4 terus menunjukkan peningkatan yang signifikan di pelbagai negara.

Peluncuran di Jepang jadi berkah buat Sony. Di negara asalnya itu, 370.000 unit PS4 laris manis terjual dalam sepekan.

Sebelumnya, kehadiran PS4 di Negeri Sakura ini tentunya disambut gembira oleh para gamers Jepang. Dilansir Theverge, Jumat (28/2/2014), mencatat 322.083 PS4 terjual dalam dua hari sejak rilis.

Catatan ini semakin membuktikan betapa moncer PS4 dengan tambahan penjualan di negara-negara Asia—salah satunya Indonesia. PS4 telah hadir di Indonesia sejak akhir Januari 2014 lalu dengan banderol harga sekitar Rp 7 jutaan.

Angka ini meningkat tajam hingga 4 kali lipat dari PS3 yang terakhir dijual pada 2006 silam.Progres penjualan PS3 kala itu terbilang jeblok. Gamers justru lebih tertarik dengan Nintendo Wii dan Xbox 360. Hal ini membuat PS3 kalah bersaing pada perang mesin game konsol generasi ketujuh.

Selain berhasil dalam penjualan mesin game konsol, Sony juga mendapat keuntungan yang lumayan besar dari bisnis software game PS4 yang berhasil diunduh 13,7 juta kali dari PlayStation Store. Tercatat lebih dari setengah gamers PS4 merupakan anggota layanan PlayStation Plus di Ios dan Android yang juga telah diunduh sebanyak 3,6 juta kali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya