Laju Inflasi di Jogja Bertahan Stabil

Inflasi di Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Juni 2021 dilaporkan masih terus terjadi dengan catatan BPS di 0,05%.
SHARE
Laju Inflasi di Jogja Bertahan Stabil
SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JOGJA — Inflasi di Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Juni 2021 dilaporkan masih terus terjadi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi DIY, inflasi pada bulan Juni 2021 Kota Jogja tercatat di 0,05%.

Inflasi disebabkan oleh kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) utamanya kenaikan harga pada kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,13%. Sementara itu, kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami deflasi 0,32%.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Berdasarkan data tersebut, laju inflasi kalender (c-to-c) dilaporkan sebesar 0,89%. Sedangkan inflasi secara year-on-year dilaporkan sebesar 1,50%.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Baca Juga: Cek Video Ini! Beginikah Tsunami Maluku Tengah?

Harga telur ayam ras yang mengalami kenaikan harga hingga 7,75% berkontribusi pada terjadinya inflasi di Kota Jogja. Selain komoditas tersebut, kenaikan harga tempe, angkutan udara, dan beras masing-masing sebesar 6,70%, 2,24%, dan 0,94% juga memberikan andil terjadinya inflasi.

Turunnya harga cabai merah sebesar 32,60% menjadi penahan laju inflasi. Komoditas lain yang dilaporkan mengalami deflasi adalah daging ayam ras dan cabai rawit yang masing-masing memberi andil deflasi 0,05% dan 0,03%.

58 Kota Deflasi

Sementara itu, BPS Provinsi DIY mencatat IHK pada bulan Juni di angka 107,04, dari sebelumnya 106,99 pada Mei 2021. Perkembangan tersebut berbanding terbalik dengan tren di tingkat nasional yang pada bulan Juni 2021 dilaporkan mengalami deflasi 0,16%.

Selain Kota Yogyakarta, inflasi juga terjadi di 33 kota lain dari 90 kota tempat pengamatan IHK. Sedangkan 58 kota lainnya dilaporkan mengalami deflasi.

Baca Juga: Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Deflasi tertinggi dilaporkan terjadi di Kupang dengan angka 0,89%, di mana Palembang dilaporkan menjadi kota dengan deflasi terendah pada bulan Juni 2021, yaitu sebesar 0,01%.

Inflasi tertinggi di tingkat nasional terjadi di Singkawang dengan 1,36%. Sementara inflasi terendah terjadi di Pekanbaru dan Tanjung Selor dengan angka 0,01%.

Deflasi yang terjadi di tingkat nasional merupakan yang pertama kali terjadi sepanjang 2021. Sebelumnya, dalam series inflasi month-to-month, sejak bulan Januari hingga Mei 2021, Indonesia dilaporkan mengalami inflasi di kisaran 0,08% hingga 0,32%.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago