SOLOPOS.COM - Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) resmi dideklarasikan pada Rabu (27/4/2022) di Jakarta. (JIBI/Bisnis/Szalma Fatimarahma)

Solopos.com, JAKARTA—Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) resmi dideklarasikan pada hari ini, Rabu (27/4/2022). Deklarasi itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI No. AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian PDSI.

Kongres Nasional pertama PDSI dilakukan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Dengan demikian, Ikatan dokter Indonesia (IDI) bukan lagi satu-satunya organisasi profesi dokter di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Umum PDSI,Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto menyebut tujuan berdirinya PDSI adalah untuk memenuhi hak WNI dalam berserikat dan berkumpul, serta mengeluarkan pendapat yang dijamin oleh Pasal 28 UUD 1945 selaku konstitusi tertinggi di NKRI.

Baca Juga: Jadi Pesaing IDI, PDSI Janjikan Biaya Pendidikan Dokter Lebih Murah

Jajang menyebut visi PDSI adalah menjadi pelopor reformasi kedokteran Indonesia yang menjunjung tinggi kesejawatan, serta berwawasan Indonesia untuk dunia demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Berikut misi lengkap PDSI:

  1. Mengayomi dokter dengan bersinergi bersama rakyat dan pemerintah dengan membentuk organisasi dokter yang profesional.
  2. Meningkatkan taraf kesehatan rakyat Indonesia dan kesejahteraan anggota.
  3. Mendorong inovasi anak bangsa di bidang kesehatan berwawasan Indonesia untuk dunia.

Baca Juga: Dipecat Permanen IDI, Begini Dampaknya bagi Terawan

Jajang menambahkan bahwa sampai saat ini, anggota PDSI sudah tersebar di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/kota. PDSI sangat membuka diri untuk seluruh dokter di Indonesia.

“Mereka itu hanya tinggal menunggu kita deklarasi saja sebetulnya. Nanti akan melakukan perjalanan untuk melantik anggota dari daerah-daerah tersebut,” ujar Jajang, Rabu (27/4/2022).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Resmi! Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) Dideklarasikan Hari Ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya