SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Grobogan (Solopos.com)--Meningkatnya volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) Ngembak, Kecamatan Purwodadi membuat luasan lahan TPA semakin berkurang.

“Dari luasan lahan TPA yang sekarang yakni 4,5 hektare saat ini tinggal 10-15 persen saja. Hal ini mengingat volume sampah yang semakin meningkat,” jelas Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Grobogan M Chanif melalui  Kabid Kebersihan A Wahib Suyuti, Sabtu (13/8/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari data yang ada lanjutnya, selama tahun 2010 lalu, volume timbunan sampah di TPA Ngembak mencapai 38.178 meter kubik. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya (2009) yang hanya 36.948 meter kubik.

“Kondisi ini karena sampah yang masuk ke TPA Ngembak, rata-rata  mencapai 3.000-4.000 meter kubik per bulannya. Termasuk tinggi sehingga lahan TPA semakin berkurang, sehingga perlu dilakukan perluasan,” ujar Wahib.

Untuk itu, lanjut Wahib, ada rencana dinasnya akan mengajukan anggaran untuk perluasan tanah TPA pada akhir tahun ini. Diharapkan bisa dianggarkan di APBD 2012 sehingga bisa dilakukan perluasan di tahun depan.

 

rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya