Lahan Tandus di Sukoharjo Disulap Jadi Taman Rekreasi, Bisa Tubing Lur

Masyarakat Dukuh Suruhan, Desa Bulu, Polokarto, Sukoharjo, mengubah tanah tandus di wilayah itu menjadi taman rekreasi lengkap dengan fasilitas tubing.
SHARE
Lahan Tandus di Sukoharjo Disulap Jadi Taman Rekreasi, Bisa Tubing Lur
SOLOPOS.COM - Pemandangan Taman KB Kencana Wijaya, Suruhan, Bulu, Polokarto, Sukoharjo, Minggu (15/5/2022). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Warga Dukuh Suruhan, Desa Bulu, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, menyulap lahan tandus milik kas desa menjadi rekreasi bernama Taman Keluarga Berkualitas (KB) Kencana Wijaya.

“Sekarang kan KB itu bukan lagi Keluarga Berencana melainkan Keluarga Berkualitas,” terang Sekretaris Desa Bulu, Polokarto, Sukoharjo, Marsono, saat dijumpai Solopos.com di lokasi taman, Minggu (15/5/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Sebelumnya, kata Marsono, taman tersebut adalah tanah tandus tidak produktif sama sekali. Luasnya 2.000 meter persegi. Dengan adanya program KB dan dibentuknya kampung KB, akhirnya dipilih lah lokasi tersebut untuk dijadikan taman. “Berdiri tahun 2020,” lanjut Marsono.

Marsono menyebut fasilitas yang dihadirkan di taman rekreasi wilayah Dukuh Suruhan, Bulu, Polokarto, Sukoharjo, itu semuanya ramah untuk anak-anak. Ada air mancur, gazebo, pendapa, musala, tempat pemancingan, tempat bermain air untuk anak-anak hingga tubing atau susur sungai menggunakan ban.

Pengunjung dapat menikmati suasana asri dan pemandangan alami Taman Kencana Wijaya itu secara gratis alias tidak dipungut biaya. Kecuali untuk wahana tubing di mana pengunjung mesti membayar Rp35.000 per orang.

Baca Juga: Tumplek Blek! Ribuan Warga Padati CFD Sukoharjo

Dengan harga tersebut pengunjung sudah mendapatkan sewa peralatan tubing dan juga makan besar. Rute tubing ada dua jalur yang dapat dipilih pengunjung.

taman rekreasi polokarto sukoharjo
Pengunjung menikmati wahana tubing di Taman KB Kencana Wijaya, Suruhan, Bulu, Polokarto, Sukoharjo, Minggu (15/5/2022). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

Jalur pendek sepanjang 450 meter sedangkan jalur panjang sepanjang 2 kilometer. Sungai setempat menjadi lokasi wahana berlangsung. Pengunjung dibekali pelampung, ban, dan helm sebagai sarana keselamatan.

Menu Makanan

Sedangkan menu makan yang disajikan mengusung konsep tradisional. Pengunjung juga diperbolehkan memesan menu khusus di hari sebelumnya.

Baca Juga: Senam dan Bagi Doorprize, Cara Buruh Sukoharjo Peringati May Day

“Alhamdulilah kalau sore ada pengunjung anak-anak ke sini. Sebelum Lebaran ada bazar kampung KB dihadiri juga oleh kepala dinas KB Kabupaten Sukoharjo,” jelasnya.

Camat Polokarto, Sukoharjo, Heri Mulyadi, menyebut lokasi taman rekreasi kampung KB di Suruhan, Bulu, semula tanah desa yang tidak berfungsi. Pada prinsipnya, Heri mengatakan setelah terbentuknya kampung KB ada beberapa manfaat yang bisa diraih pemerintahan desa.

“Pertama yang semula tidak diperhitungkan sekarang kampung KB sudah bisa menjadi tempat wisata yang dilengkapi taman, dan area tubing yang cukup menarik,” jelasnya.

Baca Juga: 167 Desa Sukoharjo Berstatus Kampung KB, Pemdes Diminta Bantu Pendanaan

Heri mengatakan rencana ke depan kampung KB akan ditambah wahana-wahana permainan anak dan juga sudut taman bacaan untuk anak. Hal itu untuk mengedukasi anak-anak sehingga keberadaan taman KB bisa bermanfaat lebih jauh dari tahun ke tahun.

Lebih lanjut, Heri mengatakan pengelolaan taman KB berada di bawah tanggung jawab karang taruna desa setempat. Sehingga selain menciptakan wahana untuk refreshing keberadaan taman itu juga dapat menjadi sarana pemberdayaan masyarakat.

“Kita akan menikmati keindahan alam dengan cukup murah, dengan harga paket tidak terlalu mahal tapi kita mendapatkan nuansa alam yang alami dan indah,” jelasnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago