SOLOPOS.COM - Kondisi Pasar Cepogo pasca kebakaran, Jumat (18/9/2020). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali berencana memanfaatkan lahan bekas pasar tradisional yang dipindahkan ke lokasi baru menjadi ruang terbuka.

Diketahui saat ini ada enam pasar tradisional baru yang dibangun di Kabupaten Boyolali. Bangunan pasar baru itu untuk menggantikan lokasi pasar lama.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keenam pasar tersebut adalah Pasar Hewan Purworejo di Jeron, Kecamatan Nogosari; Pasar Hewan di Jelok, Kecamatan Cepogo; Pasar Kacangan, Kecamatan Andong; Pasar Kebonagung, Kecamatan Ngemplak; Pasar Cepogo, Kecamatan Cepogo; dan Pasar Trantang, Kecamatan Sambi.

Baca juga: Link Komik Porno di Buku Pelajaran SMA Terbitan Klaten Bikin Geger, Ternyata Begini Ceritanya

Beberapa bangunan pasar lama pun akan kosong karena semua pedagangnya dipindahkan ke lokasi pasar yang baru. Seperti halnya pasar hewan di Sunggingan, yang dipindahkan ke pasar hewan di Jelok.

Kemudian Pasar Cepogo yang direncanakan juga akan dipindahkan ke lokasi pasar yang baru.

Fasilitas Masyarakat

Terkait hal itu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Boyolali, Karsino, mengatakan untuk bekas lokasi pasar yang lama nantinya akan dimanfaatkan untuk fasilitas masyarakat yang lain.

Baca juga: Bermula Ledakan Kecil, Ini Kronologi Kebakaran Toko dan Rumah di Sukodono Sragen

Untuk rencana awal, lokasi-lokasi itu akan dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau maupun ruang publik.

"Untuk eks pasar, baik di Cepogo maupun Sunggingan, direncanakan jika tidak ada perubahan, nantinya untuk ruang hijau. Termasuk pasar-pasar lain yang dipindahkan," kata dia kepada wartawan, Rabu (10/1/2021).

Karsino mengatakan program pemerintah dalam penataan pasar tradisional tersebut diharapkan bisa mengangkat perekonomian masyarakat, sekaligus mempercantik kawasan dengan adanya ruang terbuka hijau atau ruang-ruang publik.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jateng: Hujan Ringan hingga Lebat di Solo Raya Hari Ini

Karsino mengatakan dari keenam pasar yang sudah dibangun, empat di antaranya sudah ditempati pedagang. Sedangkan untuk pasar hewan di Jelok, pada Rabu kemarin juga sudah ditempati.

Tinggal untuk Pasar Cepogo baru yang direncanakan akan dibuka pada Senin (15/2/2021) nanti.

Baca juga: Banjir Rendam Semarang Berhari-Hari, Ganjar Minta Pompa Diperbanyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya