Lagi Viral Video Hantu Ketuk Pintu, Apa Itu Lampor?

Lampor atau hantu keranda terbang yang dikabarkan meneror masyarakat dengan mengetuk pintu pada tengah malam viral di media sosial. Apa itu lampor?
Lagi Viral Video Hantu Ketuk Pintu, Apa Itu Lampor?

Solopos.com, SOLO – Belakangan hari ini, media sosial dihebohkan dengan video yang disebut-sebut berhasil merekam aksi hantu ketuk pintu yang netizen anggap sebagai lampor. Sebenarnya, apa itu lampor?

Mitos tentang lampor sebenarnya sudah beredar ada di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Temanggung, sejak lama. Dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (17/7/2021), Lampor biasanya mendatangi suatu desa karena ada urusan yang belum selesai atau kesalahan yang mesti ditebus.

Salah seorang yang pernah tinggal di sekitar Temanggung dan Wonosobo, Guntur Soeharjanto, menceritakan ada orang yang meyakini keluarganya diambil lampor atau mati direnggut lampor. Konon, yang dibawa lampor dinyatakan hilang dan tak kembali. Jika kembali, maka orang itu menjadi gila.

Diwartakan Solopos.com pada Juli 2020 silam, lampor juga sering dikaitkan dengan datangnya pagebluk atau wabah yang kini disebut sebagai pandemi.

Baca Juga: Sering Buat Geger, Kades Jenar Sragen Mengaku Mudah Emosi Karena Stroke

“Perlu pula membaca kritis fakta historis yang tersekam dalam data berupa serat dan koran sezaman. Misalnya, pagebluk dikaitkan dengan kemunculan burung tertentu, lampor, atau lelembut. Hal ini mestinya diamati perubahan jagat kecil perihal lingkungan alam yang tidak lagi sehat. Ada disharmoni yang memicu terjadinya penyakit mewabah,” kata Sejarawan yang juga dosen Sejarah USD Yogyakarta, Heri Priyatmoko.

Sebenarnya Apa Lampor Itu Berwujud?

Kini di media sosial, bereda kabar yang belum tentu kebenarannya soal lampor. Makhluk misterius itu dikatakan netizen sebagai hantu yang mengetuk pintu rumah pada tengah malam. Namun jika diintip dari dalam, tak ada seorang pun di depan pintu yang mengetuk.

Baca Juga: Geger Video Maria Vania Buka Baju, Tatonya Bikin Salah Fokus

Si penghuni rumah dilarang keras membuka pintu jika kedatangan hal aneh ini. Banyak netizen menyebut penghuni rumah akan ditimpa musibah, sakit, bahkan meninggal jika membukakan pintu saat ada ketukan tanpa wujud.

Namun berdasarkan mitos yang berkembang selama ini, lampor dikatakan berwujud keranda terbang. Cerita lain menyebutkan lampor adalah anggota pasukan gaib Nyi Blorong. Kehadirannya ditandai dengan angin kencang dari Laut Selatan yang melewati sejumlah daerah.

Saat angin datang, masyarakat membuat suara gaduh dengan memukul kentongan. Tujuannya, agar lampor tidak mampir ke kawasan itu dan memicu pagebluk alias musibah berupa wabah hingga kematian. Versi lain menyebut wabah yang dibawa lampor bentuk kemarahan Nyi Blorong yang kehilangan selendang.

Viral

Terlepas dari mitos lampor itu benar apa salah, belakangan hari ini video yang disebut memuat kisah misteri itu kembali viral di dunia maya. Dari video yang beredar, terdengar suara ketukan pintu secara keras.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Sulit Dipercaya dalam Kisah Kasih

Saat si penghuni rumah mengintip dari jendela, memang tak ada satu pun orang di depan pintu. Video itu viral dan ada sejumlah versi lokasi, antara lain di Malang, Madiun, Madura, dan lainnya.

Kabar sumir yang belum tentu kebenarannya itu jelas memicu ketakutan sebagian orang, terlebih dikaitkan dengan pandemi Covid-19. Yang jelas, kita sebagai manusia yang beriman harus terus berupaya dan berdoa agar pandemi ini segera berakhir dan semesta semakin membaik.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago