SOLOPOS.COM - Petugas Lapas Kedungpane Semarang menemukan bungkusan narkoba jenis sabu-sabu di dekat tembok penjara. (Solopos.com-Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang, Jawa Tengah (Jateng) kembali menemukan upaya penyelundupan narkoba dengan cara dilempar dari luar tembok penjara. Kali ini, petugas Lapas Kelas I Semarang atau yang populer disebut Lapas Kedungpane menemukan narkoba jenis sabu-sabu seberat 4,3 gram di dalam lapas, Sabtu (2/1/2021).

Kepala Lapas Kedungpane Semarang, Supriyanto, mengatakan upaya penyelundupan itu terungkat ketiga petugas sedang melakukan patroli di sekitar tembok penjara. Petugas menemukan narkoba jenis sabu-sabu yang dibungkus plastik kecil di dekat tembok penjara. Kemungkinan besar, paket sabu-sabu itu dilempar oleh orang yang tak dikenal dari luar penjara untuk salah seorang warga binaan atau napi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat berkeliling, petugas menemukan bungkusan yang diduga dilempar dari luar,” kata Supriyanto dikutip dari Antara.

Baca juga: Pelemparan Narkoba dari Luar Tembok LP Kedungpane Semarang Kian Marak

Bungkusan berisi sabu-sabu itu dikemas dalam lima klip kecil. Bungkusan berisi narkoba jenis sabu-sabu itu ditemukan di sekitar area yang memisahkan tembok terluar bagian belakang dengan area bagian dalam Lapas Kedungpane Semarang.

Temuan itu, ujar dia, langsung diteruskan ke Polsek Ngaliyan untuk penanganan lebih lanjut.

Menurut dia, upaya penyelundupan dengan cara dilempar dari luar tembok penjara itu merupakan yang kedua dipergoki dalam pekan ini.

Upaya penyelundupan serupa, kata dia, juga terjadi pada Rabu (29/9/2021) lalu. Kala itu, petugas menemukan bungkusan berisi obat terlarang jenis psikotropika atau pil koplo yang juga dikirim seseorang dari luar penjara dengan cara dilempar.

Baca juga: Kasus Narkoba, Anggota DPR Thomas Sondegau Bareng Cewek Saat Ditangkap

Supriyanto menambahkan pemasangan tembok tambahan di sisi luar area Lapas Kedungpane Semarang cukup efektif untuk menggagalkan upaya penyelundupan narkoba. Terlebih lagi saat ini pihaknya menerapkan pengawasan secara ketat terhadap barang titipan untuk warga binaan.

Saat ini, kata dia, pemasangan tembok tambahan sudah dilakukan di sisi utara yang berbatasan langsung dengan jalan umum.

Ke depan, ujar dia lagi, pemasangan tembok tambahan akan dilakukan di bagian belakang yang berbatasan dengan permukiman warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya