SOLOPOS.COM - Proses ekskavasi gading gajah dengan panjang 2,5 meter ditemukan di kawasan Situs Patiayam di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. ANTARA/HO-Disbudpar.

Solopos.com, KUDUS — Seorang petani menemukan fosil gading gajah purba di kawasan Situs Patiayam di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Diperkirakan usia fosil gading gajah itu antara 750.000 hingga 1,5 juta tahun.

Dengan penemuan ini, jumlah koleksi fosil gading gajah purba di Museum Patiayam pun bertambah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Mutrikah, mengatakan fosil gading gajah sepanjang 2,5 meter di kawasan Situs Patiayam enam bulan lalu. Temuan itu ditindaklanjuti dengan kegiatan penyelamatan temuan fosil gading gajah purba bersama tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran dan proses pemberian poly oretan dan pengangkatan temuan untuk dibawa ke Museum Situs Purbakala Patiayam.

“Saat ini sudah berada di Museum Situs Patiayam,” kata dia, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga: Lupa Matikan Tungku, Dua Rumah Produksi Tahu di Grobogan Terbakar

Koordinator Museum Purbakala Patiayam Kudus, Jamin, mengatakan fosil tersebut ditemukan warga Desa Terban bernama Ronzi ketika tengah menanam di sekitar bukit Patiayam.

Setelah mendapatkan laporan warga, lanjut dia, temuan tersebut dilaporkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus. Kemudian diteruskan ke BPSMP Sangiran.

“Kebetulan BPSMP Sangiran ada agenda penyelamatan situs Patiayam,” kata dia.

Kemudian pada awal Agustus 2022, lanjut dia, dilakukan proses evakuasi dan tanggal 8 Agustus 2022 dievakuasi ke Museum Patiayam Kudus.

Baca Juga: Bus Trans Jatim Mulai Beroprasi, Tarifnya Cuma Rp2.500 untuk Pelajar

Dia menyampaikan kondisi gading gajah tersebut termasuk masih bagus karena masih terlihat utuh. Temuan lainnya yakni fosil fragmen tulang belakang gajah purba dan sudah dievakuasi ke museum.

Berdasarkan keterangan tim ahli, usia fosil tersebut dari segi geologinya berusia antara 750.0000 hingga 1,5 juta tahun yang lalu.

Dengan ditemukannya fosil gading gajah purba itu, maka hingga kini tercatat sudah ada 40 gading gajah purba. Sedangkan kondisinya yang masih utuh sekitar 25 gading dan terpanjang sekitar 4 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya