SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji beribadah di depan Kakbah. (Freepik)

Solopos.com, BOYOLALI — Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan jemaah haji asal Jawa Tengah (Jateng) yang meninggal dunia di Arab Saudi bertambah satu orang. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada lima calon haji asal Jateng yang meninggal di Tanah Suci, Makkah.

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat, saat dikonfirmasi membenarkan adanya satu calon haji yang meninggal dunia asal Jateng, yakni Karno Darmo Abas, tergabung kloter 35, warga Desa Lodaya, Kecamatan Randu Dongkal, Kabupaten Pemalang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sarip menjelaskan calon haji asal Pemalang tersebut meninggal dunia di sektor Arafah Arab Saudi, Jumat, sekitar pukul 06.24 Waktu Arab Saudi (WAS). Ia meninggal dunia karena silkulatori desease. Beliau mempunyai riwayat penyakit strok.

Dengan meninggal dunia satu calon haji asal Pemalang itu, maka total jemaah haji asal Jateng yang meningga dunia menjadi lima orang.

“PPIH Embarkasi Solo turut berduka cita atas meninggalnya jemaah haji asal Pemalang Jateng itu. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan,” katanya.

Baca juga: Muhammadiyah Semarang Salat Iduladha Sabtu Besok, Ini 51 Lokasinya

Selain itu, jumlah jemaah haji asal Jateng yang masih dirawat di Arab Saudi, ada sebanyak 12 orang. Yakni asal Jateng kloter 9, 10, 12, 13. 16, 33, 35, dan 39 masing-sama satu orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah. Sedangkan jemaah kloter 32 ada dua orang dirawat di KKHI dan satu lainnya di RS King Faizal Mekah.

“Dua jemaah haji asal Daerah Istimewa Yogyakarta tergabung kloter 19 dua orang dirawat di KKHI Mekah, sehingga total 12 orang,” katanya.

Sementara itu, dari laporan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) di Arab Saudi, menyebutkan, secara umum perkembangan pelaksanaan ibadah haji asal Embarkasi Solo di Jarwal Kiswah Towers Arab Saudi semua dalam kondisi baik dan lancar.

Baca juga: Menilik Fasilitas Mewah Haji Furoda Tanpa Antre Berbiaya Rp300 Juta

Jemaah asal Embarkasi Solo yang sakit di KKHI Mekah Arab Saudi hingga kini tidak ada persoalan dan terakhir yang sakit sudah banyak yang dikembalikan tergabung pelaksanaan ibadah haji.

“Kami berharap jemaah saat puncak Arafah, pada Jumat ini, bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya PPIH Embarkasi Solo telah memberangkatkan jemaah calon haji berasal dari Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta ke Tanah Suci dengan total 15.447 orang yang terbagi menjadi 43 kloter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya