SOLOPOS.COM - Belasan kapal di Kota Tegal mengalami kebakaran, Sabtu (29/1/2022). (Antara - Polres Tegal Kota)

Solopos.com, TEGAL — Insiden kapal terbakar kembali terjadi di Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng). Kali ini, kebakaran melanda belasan kapal yang tengah berlabih di dermaga Pelabuhan Niaga PT Pelindo III Cabang Tegal, Sabtu (29/1/2022) pagi.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat, membenarkan terjadinya kebakaran yang melanda belasan kapal di Pelabuhan Pelindo Tegal itu. Meski demikian, ia belum bisa memperinci secara pasti jumlah kapal yang terbakar itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Polres Tegal Kota, lanjut Kapolres, saat ini tengah sibuk mengamankan kapal-kapal lain yang berada di lokasi untuk diarahkan ke lokasi yang aman.

Baca juga: Belasan Kapal Nelayan Hangus Terbakar di Tegal, Begini Kondisinya

“Petugas juga mengamankan lokasi dan membantu arus lalu lintas di lokasi untuk mempermudah pemadaman,” ujar Kapolres Kendal.

Adapun pemadam kebakaran, lanjutnya, dilakukan satuan pemadam dari dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.

Menurut Kapolres kejadian bermula dari seorang saksi mata bernama Akino Arya, 34, melihat kobaran api dari salah satu kapal. Saksi mata itu kemudian melaporkan ke petugas pelabuhan setempat yang langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran.

“Setelah dilakukan pengecekan, ternyata api sudah membesar,” ungkap AKBP Rahmat.

Api yang membesar itu, lanjutnya, langsung menyambar beberapa kapal lain di lokasi. Hal ini disebabkan lokasi kapal yang saling berdekatan.

Baca juga: Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran 13 Kapal Nelayan di Tegal

Adapun pemilik kapal yang terbakar, lanjut AKBP Rahmat, setidaknya sudah tercatat tiga orang. Ketiga orang tersebut antara lain H. Tambari, Katijan Andriana dan H. Jono.

“Penyebab kebakaran belum diketahui karena saat polisi. Petugas pelabuhan serta damkar masih fokus memadamkan api. Olah tempat kejadian perkara dan kegiatan lainnya akan dilaksanakan setelah situasi sudah memungkinkan,” ujarnya.

Insiden kebakaran yang melanda belasan kapal yang tengah bersandar di pelabuhan di Kota Tegal ini bukan yang kali pertama. Pada pertengahan November lalu, insiden serupa juga terjadi. Kala itu, ada sekitar 17 kapal yang dilaporkan terbakar saat berada di belakang galangan atau tempat pembuatan dan perbaikan kapal milik PT Tegal Shipyard Utama, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya