SOLOPOS.COM - Ilustrasi Solo Tanggap Corona (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SEMARANG - Kabar gembira kembali diterima warga Jawa Tengah (Jateng) dalam penanganan kasus virus corona atau Covid-19. Hal itu menyusul bertambahnya satu pasien positif virus corona yang dinyatakan sembuh setelah menjalani masa isolasi di RSUD Dr Moewardi Solo.

Pasien yang dinyatakan sembuh itu tak lain adalah Robby, yang sehari-hari bekerja sebagai tour guide di Bali. Robby tertular corona saat berada di Pulau Dewata, sebutan Bali, dan menjalani perawatan selama 16 hari di RSUD Dr Moewardi Solo sebelumnya dinyatakan sembuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Atasi Corona, Pemkab Sragen Siapkan Dana Rp10 Miliar

Sembuhnya Robby ini pun disambut gembira Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng ini pun langsung menghubungi Robby melalui sambungan video call dari rumah dinasnya di Puri Gedeh, Kota Semarang, Minggu (29/3/2020) sore.

Ekspedisi Mudik 2024

"Alhamdulillah pak, saya sudah melewati masa inkubasi dan sudah dinyatakan negatif. Ini masih di rumah sakit pak, sekarang siap-siap pulang ke rumah," kata Robby saat dihubungi Ganjar.

Kepada Ganjar, Robby mengaku tertular saat berada di Bali. Ketika itu dirinya merasa demam hingga akhirnya memutuskan untuk pulang kampung.
Namun setibanya di Bandara Adi Soemarmo, Robby langsung dibawa ke RSUD Moewardi Solo.

"Setelah dicek, saya dinyatakan positif. Saya belum sempat pulang dan langsung dirawat. Alhamdulillah sekarang sudah sehat, sudah dinyatakan negatif," imbuhnya.

Cegah Penularan Corona, Warga Jebres Solo Blokade Jalan

Selain Robby, pada kesempatan itu Ganjar juga menghubungi satu pasien lagi yang sudah dinyatakan sembuh. Pasien corona yang sembuh itu yakni Purwanti, yang juga menjalani perawatan di RSUD Dr Moewardi Solo. Berbeda dengan Robby, Purwati sudah diizinkan pulang setelah dinyatakan sembuh.

Ia tertular virus corona dari suaminya yang mengikuti seminar di Bogor. Suami Purwati, sudah meninggal dunia, Selasa (24/3/2020) saat menjalani perawatan di RSUP Dr. Moewardi Solo.

Kulik Pengalaman

Sementara itu, Ganjar mengaku menelepon dua pasien yang sembuh dari virus corona itu untuk mendengar cerita dan pengalaman mereka. Bagaimana awal mereka tertular, bagaimana bertahan, cerita selama proses penyembuhan dan kisah selama menjalani masa-masa sulit di inkubasi.

"Agar masyarakat bisa belajar dari kisah ini, belajar dari pengalaman mereka yang berhasil berjuang untuk sembuh. Mudah-mudahan ini menginspirasi semuanya," kata Ganjar.

Anak Klaten Hilang Di Bengawan Solo, Pencarian Terkendala Arus Deras

Kisah ini, lanjut Ganjar juga dapat menjadi pelecut semangat bagi mereka yang dinyatakan positif, orang dalam pengawasan (ODP) maupun pasien dalam positif (PDP) virus corona untuk berjuang sembuh. Ia juga meminta doa dan dukungan dari semua masyarakat agar pasien maupun tenaga medis diberikan kesehatan.

Dengan sembuhnya Robby, praktis saat ini sudah ada 3 pasien positif virus corona di Jateng yang dinyatakan sembuh. Tiga pasien itu dua di antaranya dirawat di RSUD Dr Moewardi Solo dan satu pasien dirawat di RSU Telogorejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya