SOLOPOS.COM - Inggris vs Italia (Reuters/Carl Recine)

Laga uji coba diwarnai dengan Inggris yang ditahan imbang Italia.

Solopos.com, WEMBLEY — Inggris bakal menjadi salah satu tim yang paling waspada terkait penggunaan sistem video assistant referee (VAR) pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Juni-Juli nanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tim yang dijuluki The Three Lions tersebut telah mendapatkan pengalaman pahit terkait penggunaan VAR sebelum turun di Piala Dunia nanti. Itu terjadi ketika Inggris ditahan Italia 1-1 pada uji coba di Stadion Wembley, London, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB.

Inggris unggul lebih dahulu melalui gol tendangan Jamie Vardy pada menit ke-26. Striker Leicester City tersebut merobek gawang Italia yang dikawal Gianluigi Donnarumma setelah menerima umpan terobosan Jesse Lingard.

Meski unggul 1-0, Inggris tidak mengendurkan serangan. Mereka beberapa kali mengancam pertahanan Italia, antara lain lewat Raheem Sterling, Alex Oxlade Chamberlain, serta Dele Alli. Sebaliknya, Italia nyaris tidak membahayakan gawang Inggris. Italia hanya melepaskan segelintir peluang, antara lain ketika sepakan Lorenzo Insigne dari sisi kiri masih melebar ke kanan gawang kiper Inggris, Jack Butland.

Namun kemenangan Inggris yang ada di depan mata sirna ketika pertandingan tinggal menyisakan waktu kurang dari lima menit. Wasit asal Jerman, Deniz Aytekin, memutuskan memberi hadiah penalti bagi Italia setelah pemain debutan Inggris, James Tarkowski, terlibat kontak dengan Federico Chiesa di kotak terlarang.

Aytekin memberi hadiah penalti untuk Italia itu setelah berkonsultasi dengan VAR. Insigne yang menjadi algojo penalti Italia sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Para pemain Inggris merasa timnya dirugikan dengan pemakaian VAR.

“Beginilah yang terjadi. Mereka mengatakan akan memakainya [VAR] pada Piala Dunia jadi kami harus memakainya malam ini. Tentu ini membuat pemain kecewa dan suporter tidak paham dengan apa yang terjadi,” jelas Vardy.

Oke, VAR bisa digunakan namun tidak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi. Ini benar-benar butuh waktu, sampai lima menit [baru jelas wasit memutuskan apa],” sambungnya.

Gelandang Inggris, Eric Dier, menilai kontak Tarkowski kepada Chiesa tidak cukup membuat pemain Italia itu terjatuh. Oleh karena itu, pemain Tottenham Hotspur tersebut menilai Inggris seharusnya tidak diganjar penalti. “Saya pikir itu bukan penalti, jadi saya tidak bisa berkomentar soal itu. Wasit yang membuat keputusan, dengan atau tanpa VAR, Anda harus menerimanya,” jelas Dier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya